PAA Masih Jauh di Bawah Target

Pendapatan Asli Aceh (PAA) dari berbagai sumber hingga Oktober 2018 rata-rata masih jauh di bawah target 2018

PAA Masih Jauh di Bawah Target
Sulaiman Abda 

* Kecuali Bunga Deposito dan Jasa Giro

BANDA ACEH - Pendapatan Asli Aceh (PAA) dari berbagai sumber hingga Oktober 2018 rata-rata masih jauh di bawah target 2018, kecuali dana abadi pendidikan, cadangan pendidikan, dan cadangan umum Pemerintah Aceh Rp 1,019 triliun yang didepositokan di tiga bank pemerintah. Jasa deposito itu sudah menghasilkan PAA Rp 143, 022 miliar atau sudah jauh di atas target 2018, yaitu Rp 78,5 miliar. Selain itu, penerimaan jasa giro sudah mencapai Rp 9,558 miliar atau di atas target Rp 9 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jamaluddin melalui Kepala Pendapatan, Sofyan mengungkapkan data ini kepada Serambi, Rabu (17/10).

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua I DPRA, Drs H Sulaiman Abda Msi, mengingatkan Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) yang sudah ditargetkan untuk menyetor retribusi harus segera menyetornya, kecuali kepada SKPA yang tak dibebankan.

“PAA yang dikeluarkan untuk membayar tunjangan prestasi kerja (TPK) sekitar 9.300 PNS Pemerintah Aceh setahun tidak kurang Rp 350 miliar. Bagaimana mungkin untuk diminta mencari penerimaan retribusi Rp 17,7 miliar, pihak SKPA tidak sanggup,” kata Sulaiman Abda.

Jika itu saja tak sanggup, Sulaiman mengingatkan bagaimana juga nanti Pemerintah Aceh membayar TPK itu setelah dana otonomi khusus (Otsus) yang selama ini diberikan Pemerintah Pusat berakhir 2028. Pasalnya, selama ini meski rata-rata target PAA tak tercapai, semua PNS Pemerintah Aceh itu tetap dibayar TPK karena masih ada sumber pendapatan pajak dari PAA lainnya, misalnya dari pajak kendaraan bermotor.

“Nah, setelah dana otsus nanti habis, penerimaan PAA dari pajak kendaraan bermotor akan difokuskan kembali untuk proyek-proyek infrastruktur, seperti perbaikan jalan, jembatan rusak, dan lainnya,” kata Sulaiman mengingatkan. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved