Tafakur

Rawan Bencana

Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul

Rawan Bencana

Oleh: Jarjani Usman

“Katakanlah: ‘Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman’”(QS. Yunus: 101).

Jika sekarang ditemukan tanah labil dan berpotensi bergerak sehingga menenggelamkan segala isi di atasnya tatkala bencana gempa, itu termasuk respon terhadap seruan Allah. Sebagaimana bisa dibaca dalam Alquran, Allah menyuruh kita menggemari penelitian segala ciptaanNya.

Dengan meneliti, kita akan memperoleh pengetahuan yang bermanfaat, terutama untuk kehidupan umat manusia. Hasil-hasil penelitian juga bisa menjadi sedekah bila dibagi kepada sesama manusia, terutama melalui tulisan. Dengan demikian, setiap tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pendirian hunian, maunya telah dipastikan keadaannya terlebih dahulu melalui penelitian yang benar.

Jika pun terlanjur tinggal di daerah-daerah yang keadaannya rawan bencana berdasarkan penelitian, maka sudah seharusnya mempersiapkan diri untuk menghadapi resikonya bila terjadi bencana. Sekurang-kurangnya, persiapan itu bisa mengurangi dampak bencana.

Yang lebih penting lagi, jangan terlalu cepat menuduh ini itu terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana. Jangan menambah beban dengan tuduhan buruk. Menghadapi bencana itu beban berat dan beresiko tinggi.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved