Tafakur

Relawan Kemanusiaan

Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu

Relawan Kemanusiaan
IST
MRI Aceh Kirim Relawan ke Palu 

Oleh Jarjani Usman

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash: 77).

Timbulnya beragam bencana di berbagai belahan dunia ini menuntut adanya relawan-relawan kemanusiaan. Bahkan, sebahagian insan merasa terpanggil hatinya untuk menjadi relawan, walaupun tak diminta atau tanpa dibayar. Walaupun harus meninggalkan keluarga tercinta dan kehidupan menyenangkan, para relawan kemanusiaan tulus tetap berangkat ke daerah-daerah terkena bencana untuk memberi bantuan.

Walaupun harus melalui kehidupannya yang sangat sulit di sana, para relawan rela dan bertekad untuk membantu dengan sekuat tenaga. Siapapun sepatutnya iri pada mereka, yang bukan hanya mau menyumbang uang, tetapi juga tenaga siang dan malam. Yang diutamakan adalah membantu, walaupun harus menghadapi beragam resiko besar, seperti munculnya penyakit-penyakit di daerah-daerah sisa bencana.

Tentunya Allah tidak pernah tidur menyaksikan hamba-hambaNya. Allah memberikan mereka pahala berlimpah, bila dilakukan dengan hati yang ikhlas karena Allah. Lagipula Allah telah memerintahkan setiap orang untuk berbuat baik kepada sesama manusia, lebih-lebih kepada korban-korban bencana. Dengan demikian, menjadi relawan kemanusiaan bukan hanya sebatas membantu sesama manusia, tetapi juga termasuk upaya mematuhi perintah Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved