Otomotif

Audio Standar Jadi Berkelas

Bagi para pemilik mobil baru, audio standar bawaan pabrik sudah dilengkapi dengan head unit Double Din

Audio Standar Jadi Berkelas
ILUSTRASI sistim audio mobil bawaan pabrik yang dapat ditingkatkan kualitasnya, baik melalui penambahan ataupun pergantian 

* Head Unit Pabrikan Dapat Disetel Ulang

BANDA ACEH - Bagi para pemilik mobil baru, audio standar bawaan pabrik sudah dilengkapi dengan head unit Double Din dan juga speaker di pintu, tetapi masih kurang mumpuni. Nah, yang paling murah, dapat mensetel ulang head unit pabrikan pada ahlinya, bahkan diberikan secara gratis alias cuma-cuma.

Karena, untuk meningkatkan suara audio, ada beragam cara dilakukan untuk mendapatkan suara yang bagus saat berada dalam kabin. Tentunya, budget harus dipikirkan, karena ada bebeapa komponen yang harus diganti, seperti speaker dan head unit serta menambah lainnya, seperti power, tweeter dan subwoofer, bahkan prosesor.

Tetapi, untuk tahap awal, cukup dengan mensetel ulang head unit bawaan pabrik, suara yang akan dihasilkan sudah memadai di telinga.

Febi Hendri, pemilik gerai MobilTronik, Bathoh, Banda Aceh, Sabtu (20/10) menyarankan para pemilik mobil baru agar dapat mensetel ulang head unit pabrikan.

“Kami siap mensetel ulang head unit bawaan pabrikan secara gratis, sehingga suara yang dihasilkan sudah memadai,” ujarnya. Dikatakan, untuk mensetel ulang head unit tidak membutuhkan waktu lama, karena dikerjakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman, termasuk dirinya sendiri.

Febi yang sudah meraih seabreg penghargaan dalam urusan meracik sound system mobil, termasuk tingkat Asia mengatakan audio bawaan pabrik sudah memadai, tetapi tinggal mensetel ulang saja. Disebutkan, jika menginginkan hasil lebih ‘menendang’ maka head unit dapat diganti dengan yang lebih baik lagi.

Tetapi, sarannya, untuk penggunaan sehari-hari, cukup menggunakan head unit yang sudah ada, tetapi untuk lainnya dapat ditambah. Dia mencontohkan, sepasang tweeter di dashboard mobil yang berfungsi menghasilkan suara tinggi dapat dipasang dan dia membandrolnya mulai dari Rp 250 ribu.

Febi menyatakan akan terus merakit audio mobil sesuai standar nasional dan internasional, sehingga konsumen senang. Disebutkan, perangkat audio lainnya, seperti subwoofer aktif di bawah baris bangku kedua yang dibandrol Rp 1,6 juta sudah dilengkapi power, sehingga lebih simpel.

Ditambahkan, untuk mengurangi suara masuk dalam kabin, maka dapat dipasang peredam yang dibandrol Rp 170 ribu per lembar (75x53 cm) dan bobot juga ringan, 0,5 kg per lembar. Dia mencontohkan, untuk pintu Avanza atau sejenisnya, maka dibutuhkan 2,5 lembar atau dua pintu 5 lembar.

Sedangkan untuk menahan guncangan dalam kabin saat melintasi jalan bergelombang, maka ada Prime yang dibandrol Rp 1,3 juta per pasangan. Disebutkan, peredam guncangan suspensi mobil ini sangat cocok untuk sehari-hari dan perjalanan jauh dengan memuat banyak penumpang.

Dia juga menyinggung paket audio terjangkau, mulai dari Rp 2,5 juta, dimana sudah tersedia subwoofer plus box 12 inchi dan power 4 channel. Ditambahkan, untuk menambah keheningan suara, maka dapat ditambah prosesor yang dibandrol Rp 1 juta sampai Rp 6 juta.

Sementara itu, paket audio merk terkenal, seperti Domination, maka dibandrol Rp 4,5 juta sampai Rp 6,5 juta yakni subwoofer dan power. Merk lainnya, Venom sudah dilengkapi prosesor, dibandrol Rp 3,75 juta, sedangan Demination dengan kelengkapan yang sama dibandrol Rp 5,5 juta.

Headrest dibaris kedua atau ketiga dengan layar 10 inchi juga disediakan yang dibandrol Rp 2 juta/unit, sehingga menambah kenyamanan penumpang belakang.(muh)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved