Pameran Hari Pangan Sedunia, Pengunjung Kaget Lihat Ukuran Boh Giri dan Alpukat dari Aceh

Jeruk bali atau boh giri dari Matang, alpukat dan bawang dari Takengon jadi perhatian karena ukuran ketiga komoditas tersebut sangat besar.

Pameran Hari Pangan Sedunia, Pengunjung Kaget Lihat Ukuran Boh Giri dan Alpukat dari Aceh
IST
Dari kiri-kanan: Kepala Dinas Pangan Aceh Ir Ilyas, Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi, istri Plt Gubernur Aceh, Dr Dyah Erti Idawati, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh, Cut Yusminar A Pi MSi, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A Hanan SP MM, berfoto dalam acara Hari Pangan Sedunia yang berlangsung di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, 18-21 Oktober 2018. 

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam pameran Hari Pangan Sedunia ke-38 di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, stand Pemerintah Aceh memamerkan sejumlah komoditas unggulan.

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah jeruk bali atau boh giri dari Matang, alpukat dan bawang dari Takengon.

Para pengunjung kaget karena ukuran ketiga komoditas tersebut yang sangat besar.

"Pengunjung banyak yang kaget, karena selama ini mereka nggak pernah melihat boh giri, alpukat, dan bawang sebesar itu. Mereka bahkan meminta bibitnya," kata Kasie Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Hortikultura Distanbun Aceh, Yuni Saputri STP kepada Serambinews.com, Minggu (21/10/2018).

Komoditas lain yang juga menarik perhatian pengunjung adalah kopi arabika Aceh. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, bahkan menyempatkan diri untuk singgah mencicipi kopi Aceh.

"Pengunjung antusias mencicipi kopi Aceh, jadinya stand selalu padat. Pak Mentan bahkan sempat singgah untuk mencicipi," ujar Yuni.

Kasus Xenia Tabrak Tronton di Aceh Utara, Ini Fakta Hasil Penyelidikan Polisi

3 Negara Paling Damai di Dunia, Jadi Tempat Terbaik untuk Berlindung Jika Kondisi Ini Terjadi

Ini Kendala Utama Proyek Strategis Nasional di Aceh Menurut Ghazali Abbas Adan

Dalam pameran tersebut, sebanyak 385 kilogram kopi ikut diorder oleh pengunjung, dengan transaksi mencapai 19,5 juta. Belum termasuk transaksi cokelat sebesar Rp 5 juta.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh ikut berpartisipasi dalam acara Hari Pangan Sedunia (World Food Day) ke-38 yang berlangsung di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, 18-21 Oktober 2018. Dalam acara itu, Aceh meraih juara harapan II stand terbaik.(*)

Penulis: Yocerizal
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved