Sastra dan Kehidupan

Sastra mengungkapkan banyak hal mengenaikehidupan ini. Meskipun sastra merupakan imajinasi pengarangnya

Sastra dan Kehidupan
Pertunjukan anggota Sanggar Sastra Balai Pustaka pada malam Apresiaasi Sanggar Sastra di Balai Pustaka 

Oleh: Nurhaida, S.Pd., S.Pls , Pengkaji Kebahasaan di Balai Bahasa Aceh

Sastra mengungkapkan banyak hal mengenaikehidupan ini. Meskipun sastra merupakan imajinasi pengarangnya, hasil olah rasa dan jiwa pengarang, astra tidak dapat dilepaskan dari pengamatan, pengalaman, dan pelajaran mengenai kehidupannya dan kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya di dunia nyata yangkemudian oleh si pengarang diwujudkan dalam dunia fiksi.

Sastra menggambarkan berbagai ragam konflik atau masalah yang dihadapi oleh manusia atau makhluk hidup lainnya yang hidup di muka bumi ini. Semua itu dikemas kembali oleh pengarang dalam bentuk karya fiksi yang dapat dinikmati oleh penikmat sastra. Sastra yang baik mengajarkan banyak hal kepada penikmatnya seperti empati, keberanian, kebaikan, dan berbagai pembelajaran lainnya mengenai kehidupan ini. Banyak hal yang apat diambil dari suatu karya sastra yang dari hari ke hari terus bermunculan bersamaan dengan munculnya pengarang-pengarang baru yang juga ikut meramaikan ranah sastra di tanah air maupun dunia internasional.

Hingga saat ini berbagai karya sastra terus hadir seiring dengan perputaran kehidupan manusia yang semakin berkembang dan terus mengalami perubahan dari hari ke hari bersama dengan perubahan tahap demi tahap kehidupan manusia. Kehidupan di dunia ini setiap menit dan detiknya seiring dengan perputaran kehidupan manusia terus mengalami berbagai pergantian dalam ragam kisahnya. Karya sastra yang telah dibaca atau didengar oleh penikmat karya sastra agar pembelajaran yang terdapat di dalamnya tidak menjadi sia-sia, pembelajaran tersebut dapat diambil oleh si penikmat karya sastra untuk di terapkan dalam kehidupannya.

Selain itu, pesan yang terdapat dalam karya sastra dapat dijadikan pengingat atau nasihat agar penikmat karya sastra sastra dapat menjalani kehidupan yang lebih baik atau sebagai acuan untuk mengatasi permasalahan kehidupan ketika masalah yang dihadapi serupa dengan masalah yang dialami tokoh yang digambarkan dalam karya sastra.

Sastra mengungkapkan begitu banyak hal mengenai kehidupan ini, tidak hanya yang sebatas yang dapat kita lihat atau kita dengar, sastra bahkan dapat menggambarkan berbagai hal yang terjadi di berbagai tempat di muka bumi ini. Sastra juga menggambarkan berbagai hal yang kadang menggelikan membuat penikmatnya menjadi tersenyum atau tertawa.

Kadang karya sastra juga mengingatkan tanpa menggurui sehingga orang yang sedang menikmati suatukarya sastra dapat mengambil pelajaran di alam suatu karya sastra setelah ia meresapi dan memahami nilai-nilai kehidupan yang berada dalam suatu karya sastra. Sehubungan dengan itu Sarumpaet (dalam jendela bahasa dan sastra) mengemukakan bahwa sastra memampukan manusia menjadi lebih manusia: mengenal diri sendiri, sesama, lingkungan, dan berbagai permasalahan kehidupan.

Karya sastra selain menjadi sarana untukmengingatkan, ia juga dapat menjadi sebagai sarana hiburan di tengah penatnya rutinitas kehidupan di dunia ini. Lihatlah banyak orang yang sedang membaca novel, cerpen atau puisi di waktu istirahat mereka atau di waktu senggang. Karya sastra dapat menjadi media untuk mengatasi kepenatan dan kesuntukan pikiran dari berbagai beban yang menumpuk dalam pikiran yang diakibatkan oleh masalahmasalah kehidupan yang pasti dihadapi olehsemua manusia selama masih hidup di dunia ini.

Isi dari karya sastra tersebut dapatmengajak penikmatnya untuk merenung sejenak bahwa masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia dapat saja masalah yang sama meskipun dalam bentuk yang berbeda. Ini sesuatu yang dapat dipahami oleh seseorang dalam proses pemahamannya mengenai suatu karya sastra.

Hal ini bersifat umum yang dapat terjadi di bagian mana pun di bumi ini. Pemahaman seseorang mengenai suatu karya sastra dapat membuatnya mengerti bahwa kehidupan ini bersifat dinamis dan bagaikan siklus yang terus mengalami rotasi. Tidak ada yang stagnan tanpa perubahan karena hakikat kehidupan ini dibarengi dengan adanya perubahan dari waktu ke waktu.

Hal ini merupakan suatu keniscayaan karena itu sudah merupakan kodrat kehidupan yangmerupakan bagian dari kehidupan manusia yang menjalani keseharian dan rutinitasnya dalam rangka pemenuhan kehidupan dan peningkatan kesejahteraan hidupnya. Karya sastra merupakan perwujudan ide pengarangnya yang diwujudkan dalam karyanyayang dapat dinikmati oleh masyarakat luas yang dapat menjadi media yang dapat dijadikan bahan bacaan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Karya sastra dapat menjadi sarana untuk mengajak masyarakat untuk lebih rajin membaca. Ketika kegiatan membaca sudah menjadi bagian dari kehidupan maka buku-buku yang lain pun akan ikut dibaca, semakin banyak bahan bacaan yang dibaca akan ikut berpengaruh terdapat pengetahuan yang didapatkan oleh masyarakat yang otomatis dapat meningkatkan kecerdasanmasyarakat.

Kecerdasan yang meningkat akan berpengaruh terhadap kesejahteraan kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin cerdas masyarakat maka akan semakin maju pula kehidupannya. Sastra memiliki banyak arti penting dalam kehidupan. Sastra tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kehidupan masyarakat yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Bahkan dalam suatu karya sastra secaratidak langsung dapat diketahui bagaimana peradaban masyarakat, bagaimana tatanan dan budaya serta religi dalam suatu masyarakat. Sastra juga dapat menjadi bagian dari upaya untuk meminimalkan kejahatan dalam masyarakat. Semakin aktif masyarakat dalam berkegiatan termasuk dalam bersastra akan membuat waktu yang dimiliki dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Di samping itu, berkegiatan dalam bersastra akanikut menumbuhkan dan mengembangkan sisisisi kemanusiaan dalam diri manusia yang akan ikut berpengaruh terhadap perilaku manusia dalam membentuk sifat-sifat dan sikap yang lebih beradab dan lebih peduli terhadap sesama.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved