Maimunah, Wanita Penjebak Udang

IA tersenyum sumringah ketika menerima selembar uang kertas Rp 10 ribu dari tiga pria yang baru saja turun

Maimunah, Wanita Penjebak Udang
Maimunah menunjukan alat perangkap udang dari bekas plastik minuman kemasan, Minggu (7/10). 

IA tersenyum sumringah ketika menerima selembar uang kertas Rp 10 ribu dari tiga pria yang baru saja turun dari mobil mencari udang untuk umpan memancing, Minggu (7/10) lalu. Segenggam udang tersebut merupakan stok yang terakhir yang dijualnya.

Sementara udang tangkapan lainnya telah terjual sejak pagi. “Setiap hari ada sajadapat udang. Walau pernah juga kosong,” katanya. Wanita tersebut bernama Maimunah. Ia tinggal bersama anaknya di pinggir sungai belakang permukiman penduduk Gosong Telaga, Singkil Utara, Aceh Singkil. Setiap pagi ia mendayung sampan kecil menelusuri sungai di dekat tempat tinggalnya untuk memasang perangkap udang.

Maimunah membuat sendiri perangkap udang itu menggunakan plastik bekas minuman kemasan. Hasilnya cukup lumayan, uang dari penjualan udang bisa digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Plastik bekas minuman kemasan tersebut ia selipkan ke jaring yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bundar. Kemudian jebakan diisi ikan sebagai umpan agar udang tertarik masuk. Udang akan masuk lewat plastik bekas minuman kemasan sebelum akhirnya terjebak dalam jaring.

Aktivitas menangkap udang menggunakan plastik bekas minum itu dilakukan lantaran Maimunah tidak memiliki modal membeli alat penangkap udang modern.

Namun hasilnya lebih dari lumayan jika ditekuni. Awalnya menangkap udang untuk dijual ke pasar atau dijajakan bersama ikan menunggu pembeli datang. Kini udang telah menjadi rebutan terutama setiap akhir pekan saat warga banyak membelinya untuk umpan memancing sambil liburan b ersama keluarga.

“Kalau mau beli udang datang pagi, kalau siang sudah habis,” saran Maimunah. Kabupaten Aceh Singkil, memiliki sungai dengan potensi udang di dalamnya. Langkah yang dilakukan Maimunah seorang perempuan tua menjadi bukti nyata hanya dengan memanfaatkan alat tangkap ala kadarnya mampu mendatangkan pundi rezeki dari hasil tangkapan udang. (dede rosadi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved