Steffy Terima Rp 700 Juta dari Irwandi

Steffy Burase pernah menerima uang dari Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf sebanyak Rp 700 juta

Steffy Terima Rp 700 Juta dari Irwandi
FENNY Steffy Burase (kanan) memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (22/10). 

* Pernikahan Hanya Pura-pura

JAKARTA - Steffy Burase pernah menerima uang dari Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf sebanyak Rp 700 juta lebih. Uang itu dikirimkan ke rekeningnya. Ia mengatakan, dana tersebut dari pribadi Irwandi.

Dalam kesempatan terpisah, Steffy juga menerima uang dari Teuku Saiful Bahri, pengusaha dan orang dekat Irwandi, sebesar Rp 563 juta. Seluruh dana tersebut diperuntukkan bagi kepentingan program Aceh Marathon.

Penerimaan uang dari Teuku Saiful Bahri juga dilaporkan ke Gubernur Irwandi.

Penjelasan perempuan berusia 35 tahun itu disampaikan saat menjadi saksi dalam sidang kasus suap Bupati Bener Meriah nonaktif, Ahmadi SE, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/10).

Saksi lain dalam persidangan yang berlangsung hingga selepas magrib itu, Asruddin (swasta), Musri Idris (mantan Kadispora Aceh), Akmil Husein (pegawai Setda Aceh), Edrian (mantan kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh), Yusrizal (Ketua Pokja Aceh Marathon di BPKS), Ziauddin (Pokja PUPR), dan mantan kepala Dinas PUPR Aceh, Rizal Aswandi.

Steffy Burase mengatakan dirinyalah yang punya gagasan penyelenggaraan kegiatan Aceh Marathon untuk kepentingan promosi dan pariwisata Aceh. Ketika ide itu disampaikan ke Gubernur Irwandi langsung disetujui, dengan rencana anggaran Rp 13 miliar. Dana tersebut berasal dari Dispora Aceh Rp 10 miliar, BPKS Rp 2,7 miliar, dan Pemerintah Kota Sabang Rp 300 juta.

“Soal sumber dana, itu sepenuhnya Pemerintah Aceh, saya hanya melaksanakan saja,” kata Steffy.

Saat ditanya majelis hakim berapa banyak sudah dana yang terpakai untuk Aceh Marathon tersebut, menurut Steffy, hampir Rp 4 miliar. Ia memperoleh dana itu dari Teuku Saiful Bahri dan saksi yang juga tersangka dalam kasus terpisah serta dana pribadinya.

Sebelumnya Steffy juga mengakui pernah minta dikirimkan dana Rp 150 juta kepada Saiful Bahri melalui saksi lainnya Teuku Fadhilatul Amri.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved