Santri Kecil

Mencari ilmu pada masa kecil seperti memahat di atas batu” (Hasan Al Bashri)

Santri Kecil

Oleh: Jarjani Usman

“Mencari ilmu pada masa kecil seperti memahat di atas batu” (Hasan Al Bashri).

Seorang ilmuwan Muslim terkenal, Ibnu Khaldun, sudah menguasai berbagai ilmu pada usia belasan tahun, 18. Kemampuan itu tentunya tak terlepas dari perjuangan kuatnya pada tahun-tahun sebelum itu hingga masa kanak-kanak. Dan bahkan ilmunya semakin luas dan berkembang pesat hingga tuanya, dan bahkan hingga kini saat beliau telah tiada.

Demikian juga dengan ilmuwan-ilmuwan Muslim terkenal lainnya, seperti Ibnu Sina, Ibnu Batutah, dan lain-lain, yang bergiat diri belajar sejak kecil. Mereka memanfaatkan fase-fase emas dari usianya itu, sebelum datangnya fase pelunturan kekuatan secara perlahan.

Semangat para orang sukses tentunya perlu diteladani, terutama oleh para pelajar atau santri kecil. Memang pada waktu kecil, banyak yang belum difahami pentingnya berlelah-lelah dalam belajar siang dan malam, sehingga belajar terasa tidak nikmat. Akibat lebih lanjut, ada yang mengundurkan diri dari belajar.

Padahal berhenti belajar adalah berhenti dari upaya menapaki tangga kesuksesan. Menaiki satu demi satu anak tangga kesuksesan memang melelahkan, tetapi akan terasa indah dan nikmat bila telah melewati masa-masa kritis dan menemukan dunia baru. Yaitu dunia kelezatan dalam ilmu, yang tak akan difahami bagaimana cita rasanya kecuali oleh orang-orang yang giat belajar.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved