Lulus Verifikasi Materil di DKPP, Aduan PKS terhadap KIP Sabang Masuk Episode Baru

DKPP telah memverifikasi berkas aduan Partai Keadilan Sejahtera Sabang terhadap ketua dan anggota KIP Sabang terkait pelanggaran kode etik.

Lulus Verifikasi Materil di DKPP, Aduan PKS terhadap KIP Sabang Masuk Episode Baru
PKS 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah memverifikasi berkas aduan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sabang terhadap ketua dan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat terkait pelanggaran kode etik.

Pengumuman hasil verifikasi tersebut telah dimuat di laman website dkpp.go.id pada 22 Oktober 2018.

“Alhamdulillah, sudah masuk episode baru. Mohon doanya berkas aduan kami sudah lolos verifikasi DKPP, tinggal tunggu jadwal sidang saja,” kata Ketua DPD PKS Sabang, Zuanda kepada Serambinews.com, Jumat (26/10/2018).

Namun dia mengatakan belum mengetahui kapan persidangan tersebut akan digelar sidang kode etik.

Sebelumnya, PKS Sabang melaporkan ketua dan anggota KIP setempat ke DKPP pada Kamis, 16 Agustus 2018. Laporan itu diajukan lewat Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh.

Kuasa Hukum PKS, Kasibun Daulay SH menyampaikan, pihaknya melaporkan KIP Sabang karena diduga melanggar kode etik dan perbuatan melawan hukum.

Dugaan pelanggaran yang dilakukan KIP Sabang adalah memasukkan nama Afrizal Bakri SHi, anggota DPRK Sabang periode 2014-2019 dari PKS dalam DCS DPRK Sabang untuk Pemilu tahun 2019 dari Partai Aceh melalui Surat Keputusan Nomor 14/HK.04.2-Kpt/1172/KIP-Kot/VIII/2018 tertanggal 12 Agustus 2018.

KPK Bantah Keluarkan Surat Pemanggilan Terhadap Kapolri Sebagai Tersangka, Polri Pastikan Hoaks

Ombudsman: Tes CPNS Hari Pertama di Aceh Terkendala, Komputer belum Siap, Jaringan belum Terpasang

Tes CPNS Ditunda karena Keterlambatan Vendor, Ini Penjelasan Kepala BKN Aceh

Padahal, Afrizal belum mengajukan surat pengunduran diri dari anggota DPRK Sabang periode 2014-2019 dari PKS sebagai salah satu syarat bakal pencalonan apabila maju kembali lewat partai lain.

Sementara Ketua KIP Sabang, Azman mengatakan pihaknya siap menghadapi sidang tersebut.

“Kalau memang DKPP memanggil kami untuk bersidang, kami akan kooperatif dan hadiri sidang kalau itu terpenuhi unsur formil dan materil. Dan kami akan menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi,” katanya.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved