GAMI Festival 2018

Wakil Bupati Aceh Tenggara Buka Festival Leuser, Rangkaian dari GamiFest 2018

Festival Leuser ini merupakan serangkaian kegiatan Gayo Alas Mountain Festival (Gamifest) 2018 yang dipusatkan di Takengon, Aceh Tengah.

Wakil Bupati Aceh Tenggara Buka Festival Leuser, Rangkaian dari GamiFest 2018
SERAMBINEWS.COM/ ASNAWI LUWI
Grup tarian bines murid SD akan tampil dalam kegiatan festival Leuser Agara di Lapangan Jenderal Ahmad Yani Kutacane, Jumat (26/10/2018). 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Wabup Bupati Agara, Bukhari membuka acara festival Leuser Agara 2018 di Lapangan Jenderal Ahmad Yani Kutacane, Jumat (26/10/2018).

Wabup Agara, dalam sambutannya mengatakan, festival Leuser Agara ini merupakan wujud nyata pemerintah daerah dan masyarakat untuk mempromosikan kebudayaan di bumi Sepakat Segenap.

Dikatakan, pemerintah daerah terus mendorong potensi budaya di Agara agar tetap dilestarikan dalam meningkat perekonomian masyarakat, sekaligus menjaga kearifan lokal lebih berharga dari pada menjaga bangunan.

“Makanya, mari kita lestarikan cagar kebudayaan kita di Agara, karena cukup banyak potensi-potensi wisata bertaraf internasional seperti rafting atau arung jeram sungai Alas,” ujarnya.

(GAMIFest Jadi Kegiatan Tahunan, Tahun 2019 Dibuka di Gayo Lues dan Ditutup di Bener Meriah)

(BREAKING NEWS - Ujian CPNS Bireuen dan Pidie Jaya Ditunda, Ini Penyebabnya)

Kasi Museum dan Cagar Budaya Dinas Pariwisata Aceh, Yudi Andika, mengatakan, di antara cagar budaya di Agara adalah Benteng Kutarih juga membangun rumah adat Alas di Ketambe.

Kita berharap obyek wisata di Aceh Tenggara dapat dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara.

Ketua Panitia Pelaksana, Zulkifli Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tenggara, mengatakan, Festival Leuser ini merupakan serangkaian kegiatan Gayo Alas Mountain Festival (Gamifest) 2018 yang dipusatkan di Takengon, Aceh Tengah.

(Pendaftaran CPNS Ditutup, Ini Jumlah Pelamar di Aceh Tenggara)

Kegiatan yang diselenggarakan lomba teater, lomba marching band, lomba tari, lomba lagu Alas.

Khususnya, untuk pelajar tingkat SD lomba tarian bines, pelajar tingkat SMP tarian Alas dan tingkat SMA lomba tarian kreasi 11 etnis, serta untuk lomba kriteria peserta umum lomba tarian saman dan lomba nasyid rebana.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 26 hingga 30 Oktober 2018.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved