Berkas Tiga Direktur RS ke Jaksa

Polres Aceh Barat menyerahkan berkas perkara kasus dugaan pencemaran limbah medis pada tiga rumah sakit

Berkas Tiga Direktur  RS ke Jaksa
Polisi memasang police line di tumpukan limbah berbahaya milik rumah sakit di Simeulue, Selasa (24/7/2018) 

* Kasus Dugaan Pencemaran Limbah Medis B3

MEULABOH - Polres Aceh Barat menyerahkan berkas perkara kasus dugaan pencemaran limbah medis pada tiga rumah sakit di Meulaboh ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Sebelumnya polisi menetapkan tiga direktur pada rumah sakit pemerintah dan swasta tersebut sebagai tersangka.

Tiga berkas perkara diserahkan pada Senin (22/10) lalu dengan tersangka S sebagai Direktur Rumah Sakit Montela (RSM) dan pada Rabu (24/10) dengan tersangka dr F sebagai Direktur RSUD Cut Nyak Dhien (CND) dan dr TR selaku Direktur Rumah Sakit Harapan Sehat (RSHS).

Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK melalui Kasat Reskrim Iptu M Isral SIK kepada Serambi kemarin mengatakan penyerahan berkas setelah polisi merampungkan pemeriksaan serta pemeriksaan saksi dalam kasus itu.

“Sudah kita serahkan ketiga berkas itu ke jaksa. Untuk selanjutnya kita menunggu pemeritahuan lebih lanjut dari jaksa yang meneliti,” kata Kasat Reskrim. Dikatakannya penyerahan ke jaksa untuk diteliti dan bila ada yang kurang atau perlu ditambah, maka akan dilengkapi lagi oleh penyidik terhadap kasus pencemaran limbah medis pada tiga rumah sakit tersebut.

Terhadap ketiga orang yang sudah ditetapkan tersangka tidak ditahan karena ancaman hukuman di bawah 5 tahun dan proses hukum tetap berlanjut. Seperti diberitakan, Polres Aceh Barat menetapkan dr F selaku Direktur RSUDCND dan S selaku Direktur RSM sebagai tersangka. Sepekan kemudian kembali menetapkan dr TR selaku Direktur RSHS sebagai tersangka.

Polisi ikut menyita sejumlah alat bukti terkait limbah medis yang mengandung bahan beracun berbahaya (B3). Kasus itu menurut penyidik polisi berawal laporan warga terkait limbah medis mencemari lingkungan warga dan menyebarkan bau tidak sedap.

Sedang Diteliti Jaksa
Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat Ahmad Sahrudin MH ditanyai kemarin mengakui bahwa berkas perkara ketiga kasus tersebut sudah diterima tim jaksa penuntut umum. “Benar sudah diserahkan. Akan diteliti oleh jaksa,” kata Kajari.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved