Pengadilan Negeri Blangpidie Diresmikan Ketua MA, Zulkarnain SH MH Dilantik Sebagai Ketua Pertama

Kehadiran PN Blangpidie tentu sangat disyukuri banyak pihak karena memang sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten setempat

Pengadilan Negeri Blangpidie Diresmikan Ketua MA, Zulkarnain SH MH Dilantik Sebagai Ketua Pertama
Zulkarnain SH MH akan dilantik sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT)/Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Djumali SH, dijadwalkan, Selasa (30/10/2018) besok, di PT/Tipikor Banda Aceh 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Setelah menunggu sekitar 16 tahun, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kini memiliki lembaga Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie. 

Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie diresmikan beroperasi oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof Dr Muhammad Hatta Ali  SH MH bersama sejumlah PN lain di Indonesia dalam sebuah acara yang dipusatkan di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin (22/10/2018) lalu.

Itu berarti bahwa Kabupaten Abdya resmi memiliki lembaga pengadilan negeri setelah menunggu sekitar 16 tahun atau sejak Kabupaten Abdya dibentuk tahun 2002 lalu.

Baca: Atraksi Marching Band Gema Bumi Sigupai Meriahkan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Abdya

Kehadiran PN Blangpidie tentu sangat disyukuri banyak pihak karena memang sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten setempat.

Sebab, sudah sekian lama pencari keadilan di Kabupaten Abdya terdiri diri sembilan kecamatan itu harus mengikuti proses peradilan di PN Tapaktuan di ibukota Kabupaten Aceh Selatan dengan jarak tempuh tidak kurang sekitar 90 km.   

Pasca peresmian lembaga peradilan itu, Ketua Pengadilan Tinggi (PT)/Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Djumali SH, dijadwalkan, Selasa (30/10/2018, besok) di Banda Aceh akan melantik Zulkarnain SH SH sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie.

Baca: Mesin Potong Padi di Abdya Telan Korban Jiwa, Seorang Meninggal dan Satu Orang Patah Tangan

Zulkarnain sebelumnya, menjabat Ketua PN Tapaktuan di Kabupaten Aceh Selatan.

“Benar, saya  akan dilantik sebagai Ketua PN Blangpidie oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT)/Tipikor Banda Aceh di Banda Aceh, besok,” kata Zulkarnain SH MH dihubungi Serambinews.com, Senin (29/10/2018) sore.

Ketua PT/Tipikor Banda Aceh dalam acara ini di PT/Tipikor Banda Aceh melantik tujuh orang Ketua PN di Aceh, termasuk Ketua PN Blangpidie.

Zulkarnain menjadi Ketua PN Blangpidie yang pertama setelah lahir Kabupaten Abdya sejak 2002 lalu.

Ia sebelumnya menjabat Ketua PN Tapaktuan di Aceh Selatan, digantikan Yudhistira Adhi Nugraha SH MH, sebelumnya menjabat Wakil Ketua PN Tais, Bengkulu.

Baca: Derita Kanker Payudara, Wanita Abdya Ini Butuh Uluran Tangan Dermawan

Setelah dilantik sebagai PN Blangpidie, Zukarnain selanjutnya akan melantik Wakil Ketua PN Blangpidie dan Panitera serta jajaran, Sekretaris dan jajarannya yang dijadwalkan pada Kamis (1/11/2018).

Menunggu dibangun gedung baru PN Blangpidie, dimana tanah lokasi sudah tersedia di Kompleks Perkantoran Pemkab Abdya, untuk sementara Rumah Dinas Camat Susoh dipakai sebagai Kantor PN Blangpidie dan Gedung Musyawarah Kecamatan Susoh di Desa Padang Baru digunakan sebagai ruang sidang.(*)   

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved