Tafakur

Sumpah Kepada Allah

Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan

Sumpah Kepada Allah

Oleh: Jarjani Usman

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. Ash Shaff: 2-3).

Kalau difahami, setiap orang mengucapkan sumpah atau janji berkali-kali setiap hari. Terutama janji-janji dalam shalat setiap saat. Janji kepada Allah. Bila dipenuhi, janji-janji itu bukan hanya akan menjadikan diri kita pribadi-pribadi yang taat, tetapi juga akan menyelamatkan dunia ini dari kehancuran.

Misalnya, janji akan menyerahkan diri, hidup dan mati, hanya kepada Allah, yang dibaca di awal shalat. Jika setiap orang mengusahakan diri taat kepada Allah, maka tidak akan ada pencurian atau pengambilan hak-hak orang lain. Juga tidak akan ada orang miskin, karena semua orang akan giat bekerja dan saling bantu-membantu.

Setiap orang akan bergerak setiap hari untuk bekerja yang halal, setelah menunaikan shalat, sebagaimana disuruh dalam Islam. Dalam Alquran diserukan: “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS. Al-Jumu’ah: 10).

Namun sayangnya, kini sangat banyak orang yang hidup tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pertama, banyak yang bermalas-malasan tidak mau bekerja. Kedua, banyak orang yang rajin bekerja tetapi mengabaikan Allah. Karena alasan bekerja, ibadah shalat dikerjakan asal jadi, yang penting selesai dan tak sampai ke hati. Kedua macam orang ini termasuk yang mengabaikan sumpah kepada Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved