Liga Aceh Siap Digelar

Sebanyak 18 daerah dipastikan ambil bagian dalam Liga Aceh, yang akan mulai bergulir sejak 5 November hingga Desember 2018

Liga Aceh Siap Digelar
KADISPORA Aceh, Darmansyah mewakili Gubernur Aceh menyerahkan bendera pataka Liga Aceh kepada Ketua Panitia, Saifullah saat peluncuran Liga Aceh 2018 di Aula Hotel Grand Aceh, Desa Lamdhom, tadi malam. 

* Di Empat Wilayah

BANDA ACEH - Sebanyak 18 daerah dipastikan ambil bagian dalam Liga Aceh, yang akan mulai bergulir sejak 5 November hingga Desember 2018. Mereka harus berjuang untuk merebut delapan tiket ke Banda Aceh.

Ketua Panitia, Ir Saifullah MSi saat peluncuran Liga Aceh 2018 di Grand Aceh Hotel Lamdhom, tadi malam, mengatakan, kompetisi tersebut diikuti 18 kabupaten/kota di seluruh Aceh. Dari 23 kabupaten/kota, hanya lima daerah yang tidak mengirim tim. “Lima daerah yang absen yakni Kota Sabang, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Bener Meriah, dan Simeulue,” katanya.

Saifullah mengatakan, Liga Aceh merupakan bagian dari pembinaan cabang sepakbola. Karenanya, mereka menetapkan dalam regulasi bahwa usia pemain di bawah 23 tahun. Adalah rata-rata pemain berusia di bawah 21 tahun. “Tujuan Liga Aceh ini sebagai wahana evaluasi terhadap penyelenggaraan pembinaan sepakbola usia dini di Aceh,” ujar Saifullah.

Gubernur Aceh yang diwakili Kadispora Aceh, Darmansah SPd MM mengatakan, jumlah hadiah total yang diperbutkan sebesar Rp 250 juta. Selain itu, mereka juga memberikan dana subsidi masing-masing kepada tuan rumah sebanyak Rp 40 juta. Sementara kepada peserta diberikan subsidi sebesar Rp 4 juta.

Ia berharap, Liga Aceh ini menjadi even sepakbola yang digelar setiap tahun dan menjadi derap langkah pembinaan olahraga di kalangan pemuda Aceh. Terlebih, dengan adanya kompetisi tersebut memberikan kesempatan kepada talenta lokal untuk mengasah kemampuannya.

Digelarnya Liga Aceh ini, lanjutnya, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Aceh dalam membina olahraga dan memplotkan anggaran yang besar setiap tahunnya. Sebagai cara memberikan hiburan kepada warga, Liga Aceh tahun 2018 ini tidak dipungut tiket masuk kepada penonton.

Setelah digelar babak penyisihan masing-masing wilayah, juara dan runner-up masing-masing wilayah akan maju ke babak delapan yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh sejak 4 Desember 2018. “Liga Aceh sebagai persiapan Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024,” pungkas Darmansah.(min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved