Budi Daya Tiram Alue Naga Panen Perdana

Budidaya tiram milik kelompok perempuan binaan Natural Aceh di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala

Budi Daya Tiram Alue Naga Panen Perdana
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, memanen tiram hasil budidaya kelompok perempuan di kawasan Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Minggu (3/11). 

BANDA ACEH - Budidaya tiram milik kelompok perempuan binaan Natural Aceh di Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (3/11) pagi panen perdana. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman diberi kehormatan untuk melakukan panen perdana tiram dengan cara modern itu menggunakan wadah rak dan rakit.

Di sela kegiatan itu, Wali Kota Aminullah menyampaikan kekagumannya terhadap budidaya modern tiram yang dijalankan perempuan Alue Naga. Menurutnya, metode tersebut layak dicontoh serta diterapkan oleh seluruh pembudidaya tiram di Banda Aceh. “Dengan cara ini, para petani tidak perlu berlama-lama berendam di air. Kami akan beri dukungan dengan membangun jalan ke lokasi budidaya,” ujarnya.

Aminullah juga mengapresiasi kreatifitas pembudidaya di Alue Naga yang mengolah tiram tersebut menjadi produk makanan antara lain nugget, kerupuk, dan pepes. Menurutnya, tiram memiliki potensi bagus dalam meningkatkan ekonomi warga Alue Naga dan wilayah lainnya.

Sementara Ketua Natural Aceh, Zainal Abidin Suarja mengatakan, pihaknya sudah melihat besarnya potensi ekonomis budidaya tiram di Alue Naga sejak 4 bulan lalu. Natural Aceh bersama masyarakat lalu menginstalasi peternakan tiram untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Pengembangan tiram menjadi produk turunan tidak kalah bagusnya dari menjual tiram segar,” ujarnya.

Hingga saat ini, sebut Zainal, pihaknya sudah mempunyai berbagai produk turunan di antaranya nugget tiram, tiram vaccum, dan dua varian kerupuk bercita rasa yang ikut di-launching saat panen perdana. “Wali Kota sendiri membeli banyak produk tersebut, yang akhirnya diikuti oleh para undangan stakeholder setelah mencicipi testernya,” terangnya.

Seorang wanita Alue Naga yang terlibat dalam program tersebut, Yusniar, sangat terharu karena para pejabat ikut memberikan perhatian kepada mereka. “Kami tak menyangka banyak pejabat datang melihat panen perdana tiram ini. Semoga budidaya ini terus berkembang dan membuat perekonomian masyarakat lebih baik ke depan,” harapnya.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved