Calon Hafiz Dapat Rp 600.000/Bulan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues menyiapkan program subsidi khusus kepada para santri yang ingin menjadi hafiz

Calon Hafiz Dapat Rp 600.000/Bulan
Muhammad Amru

* Terhitung Mulai Tahun 2019

BLANGKEJEREN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues menyiapkan program subsidi khusus kepada para santri yang ingin menjadi hafiz dan hafizah (penghapal Alquran). Nantinya, setiap santri akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 600.000 per bulan.

Hal itu diungkapkan Bupati Gayo Lues, Muhamad Amru, saat memberi sambutan dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) III Pengurus Forum Silaturrahmi Pesantren (Forsilatren) di aula Nusa Indah Blangkejeren, Sabtu (3/11).

Amru mengatakan, usulan subsisi hafiz itu sudah masuk dalam program prioritas 2019. “Untuk tahun 2019, kita usulkan program prioritas memberikan subsidi kepada para calon hafiz dan hafizah senilai Rp 600.000 per bulan,” kata Amru.

Melalui pemberian subsidi itu, ia mengharapkan pengurus pesantren agar dapat mengatur fasilitas dan guru hafiz untuk mengajar para calon hafiz dan hafizah yang berasal dari pondok maupun dari luar pondok pesantren.

Sementara terkait dengan pelaksanaan Mubes Forsilatren, Bupati Amru mengharapkan, acara tersebut dapat melahirkan dan menciptakan satu keputusan yang mendukung perkembangan pendidikan di pondok pesantren.

Forsilatren lanjut Bupati, merupakan organisasi yang berada di garis paling depan dalam mewujudkan Galus yang islami dan mandiri serta bermarabat. Organisasi akan tumbuh besar jika ditangani oleh pengurus yang mumpuni dan berkualitas.

“Para pengurus pesantren harus kompak dalam fungsinya mengembangkan pendidikan dengan tidak saling menjatuhkan,” harap Bupati.

Pemkab sendiri, lanjut Amru, sangat mendukung kemajuan pondok pesantren. Tahun 2018 ini saja, Pemkab telah memprioritaskan penyusunan anggaran untuk pembangunan dan perkembangan pondok pesantren.

Sementara itu, Ketua Forsilatren Galus, Rajudin LC, mengatakan, melalui Mubes tersebut diharapkan dapat memutuskan dan menghasilkan kepengurusan yang baru dan lebih baik.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved