Kupi Beungoh

Hindari Taklid dan Selektif Memilih Guru Ilmu Tauhid

hindari sebisa mungkin taklid (mengikuti pendapat tanpa mengetahui sumber atau dalilnya) dalam Aqidah

Hindari Taklid dan Selektif Memilih Guru Ilmu Tauhid
Mustafa Husein Woyla
Syaikh H Aba Asnawi Ramli Lamno 

Oleh Tgk Mustafa Husen Woyla*)

TULISAN ini merupakan rangkuman isi kajian akhir muqaddimah kitab Hasyiyah ad-Dasuqi 'ala Ummil Baraahin, karya Al-Imam Muhammad bin Yusuf as-Sanusi.

Kajian ini disampaikan oleh Syaikh H Aba Asnawi Ramli Lamno pada pengajian rutin bulanan Alumni Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah (BUDI) Lamno, di  Balee Lhok Pawoh, pimpinan Tgk Heru Saputra,  Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar, Ahad (4/11/18).

Saya merangkum dan menulis isi kajian ini untuk mengingatkan diri sendiri.

Karena orang bilang, dengan menulis akan membuat ilmu terpatri dalam sanubari serta menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Berikut sebagian isi pengajian yang saya rangkum.

Tidaklah mencukup diri dengan merasa aman dan suci dari bahaya taklid yang masih diperselisihkan dan memperkeruh iman, kecuali orang berjiwa rendah dan ber-himmah (kemauan) hina. Seyogyanya, muslim itu masuk ke orang-orang berilmu.

Baca: Menakjubkan, Ribuan Warga Woyla Raya Padati Safari Subuh Perdana Pasca-Ramadhan

Sebagaimana Allah jelaskan dalam firman-Nya, Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah).... (QS Ali 'Imran : 18)

Juga senada sabda Rasulullah Saw dari Abu Umamah ra, "Akan datang  fitnah di akhir zaman, di pagi hari orang berstatus mukmin dan sorenya sudah menjadi kafir, kecuali orang yang dijaga oleh Allah dengan ilmu." (HR. at Tabrani)

Oleh karena itu hindari sebisa mungkin taklid (mengikuti pendapat  tanpa mengetahui sumber atau dalilnya) dalam Aqidah atau lebih makruf disebut ilmu kalam.

Halaman
123
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved