Santri Oemar Diyan Juara Nasional

Prestasi menggembirakan kembali diukir putra Aceh di even tingkat nasional. Kali ini, santri Pesantren Modern

Santri Oemar Diyan Juara Nasional
SANTRI Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan, Ade Sidratul Amin (kiri), foto bersama pembimbing Ustaz Maimunsyah Lc dan temannya Salsabilla Chairunnisak di Gedung PPPPTK Bahasa Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (3/11). 

* Olimpiade Bahasa Arab di Jakarta

BANDA ACEH - Prestasi menggembirakan kembali diukir putra Aceh di even tingkat nasional. Kali ini, santri Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar, Ade Sidratul Amin, tampil sebagai juara pertama Olimpiade Bahasa Arab Se-Indonesia Ke-2 Tahun 2018 untuk kelompok Madrasah Aliyah (MA).

Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih santri dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Selain MA, olimpiade tersebut juga diperuntukkan bagi kelompok SMA dan SMK. Olimpiade yang dilaksanakan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MPGP) Bahasa Arab Se-Indonesia itu berlangsung di Gedung PPPPTK Bahasa Kemendikbud Jakarta, 1-3 November 2018. Even tersebut diikuti oleh juara pertama sampai ketiga pada even yang sama tingkat provinsi dari seluruh Indonesia.

Pimpinan Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan, Ustaz Tgk H Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd, kepada Serambi, kemarin, menyebutkan, selain Ade, dari Aceh olimpiade tersebut untuk kelompok MA juga diikuti oleh Ilham Fajar (Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Pidie Jaya) dan Salsabila Chairunnisa (Pesantren Oemar Diyan). “Dari ketiganya, hanya Ade meraih juara. Sedangkan yang dua orang lagi belum,” ujarnya.

Atas prestasi tersebut, sambung Ustaz Fakhruddin, Ade yang kini tercatat sebagai santri Kelas 3 Madrasah Aliyah Jurusan Keagamaan Pesantren Oemar Diyan mendapat tropi, sejumlah uang, kamus bahasa Arab, dan kitab-kitab bahasa Arab.

“Pada olimpiade tersebut, peserta menjawab 100 soal dalam bahasa Arab dalam waktu 120 menit,” timpal Ustaz Fakhruddin. Ditambahkan, olimpiade itu diadakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, dan terakhir di tingkat nasional.

Pada bagian lain, Pimpinan Pesantren Tgk Chik Oemar Diyan, Ustaz Tgk H Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd, mengatakan, pihaknya bersyukur dan bangga terhadap prestasi yang diraih Ade.

“Kami atas nama pimpinan pesantren memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Ade karena atas kerja kerasnya mampu mengukir prestasi di even tersebut, sehingga mengharumkan nama Oemar Diyan di pentas nasional,” ungkapnya haru.

Ustaz Fakhruddin menambahkan, Pakar Metode Mengajar Bahasa Arab untuk Non-Arab, Syaikh Dr Muhammad ElTayeb dari Sudan yang sedang berkunjung ke Aceh saat mendengar prestasi yang diraih Ade langsung menawarkan beasiswa kepada yang bersangkutan untuk kuliah di Sudan.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved