Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan Terus Berdayakan Santri

Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan terus memberdayakan santri di seluruh Aceh pada tahun 2019.

Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan Terus Berdayakan Santri
SERAMBINEWS.COM/SAID KAMARUZZAMAN
Kabid Pemberdayaan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh Drs Muhammad Nasir menyerahkan hadiah kepada tiga santri terbaik seusai pelatihan jurnalistik di Hotel Grand Nanggroe, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Said Kamaruzzaman | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan terus memberdayakan santri di seluruh Aceh pada tahun 2019.

Berbagai kegiatan yang dirancang untuk memberdayakan santri tersebut, antara lain  dalam bentuk pelatihan life skill, kewirausahaan, pelatihan jurnalistik dan komputer, lomba baca kitab kuning, lomba karya tulis ilmiah, dan lain sebagainya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny S.Ag MM  yang diwakil oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Santri Drs Muhammad Nasir saat memberikan sambutan pada saat penutupan kegiatan pelatihan jurnalistik di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (8/11/2018). 

Dikatakan Usamah, untuk mewujudkan visi-misi Aceh Carong, berbagai kegiatan terus dilakukan untuk memberdayakan para santri, yang jumlahnya sangat besar di Aceh.  

Baca: Dua Santri Aceh Tengah dan Bener Meriah Hafalkan Alquran Selama Tiga Bulan di Pesantren Bogor

Pihaknya juga akan terus membangun institusi pendidikan dayah sehingga lebih mandiri.

Pelatihan jurnalistik untuk para santri berlangsung selama lima hari dengan menghadirkan berbagai wartawan senior.

Di sesi terakhir, panitia juga memberikan hadiah kepada tiga peserta terbaik, yakni Sultan, Abubakar, dan Zulkifli. Ketiganya dinilai aktif dan mampu memahami materi jurnalistik yang diberikan.

Baca: Dayah Masa Depan Aceh

“Hadiah ini untuk memotivasi mereka agar terus belajar tulis menulis, sehingga kelak berhasil menampilkan karya tulis di media massa,” kata Kasie Pembinaan Santri, Yusrizal M.Si kepada Serambinews.com.

Salah satu peserta, Tgk Marzuki,  berharap agar  dinas tersebut terus memberikan perhatian untuk santri di Aceh.

“Kami berharap setiap tahun ada program-program pemberdayaan untuk peningkatan kualitas dan keterampilan santri,” tandas Tgk Marzuki, yang ikut menyampaikan kesan-kesan saat penutupan acara. (*)

Penulis: Said Kamaruzzaman
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved