Aceh Tamiang Deklarasikan Pemilu Damai. Medsos Jangan Dijadikan Alat Menyerang

Deklarasi ini mengupas potensi-potensi yang bisa mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya dampak negatif penggunaan media sosial.

Aceh Tamiang Deklarasikan Pemilu Damai. Medsos Jangan Dijadikan Alat Menyerang
serambinews.com
Unsur Forkopimda Aceh Tamiang saat mendeklarasikan Pemilu Damai 2018, Jumat (9/11/2018) 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Pemkab Aceh Tamiang mendeklarasikan Pemilu Damai 2019 yang dihadiri seluruh aparatur pemerintahan dan anggota Komisi III DPR RI, Jumat (9/11/2018).

Dalam deklarasi ini dikupas tentang potensi-potensi yang bisa mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya penggunaan media sosial yang tidak bertanggung jawab.

"Penggunaan medsos (media sosial) saat ini sudah luar biasa, karena sudah digunakan untuk menyerang. Silahkan mendukung, tapi jangan menyerang calon lain," kata Bupati Aceh Tamiang, Mursil.

Meski begitu Mursil optimis pelaksanaan Pemilu 2019 di Aceh Tamiang akan berlangsung aman. "Tapi kita jangan lengah," pesannya.

Baca: Garansi Pemilu Damai di Aceh

 Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian mengatakan pihaknya akan membentuk tim untuk meredam berita hoaks, khususnya yang disebarkan melalui medsos.

Sementara Komandan Kodim 0117/Atam Letkol Inf Deki R Putra, menegaskan komitmen TNI mendukung penuh Polri dengan mengerahkan 2/3 personel yang ada.

Secara umum dia pun optimis pelaksanaan Pemilu di Aceh Tamiang akan berlangsung aman. "Aceh Tamiang merupakan daerah yang aman. Makanya saya optimis Pemilu nanti juga akan kondusif," kata Deki.

Deki pun sepakat kalau medsos merupakan potensi terbesar menimbulkan konflik. Dia mencontohkan kasus di Jawa Timur ketika seorang caleg menumpang kendaraan dinas Babinsa.

"Langsung viral, dianggap tidak netral. Padahal Babinsa itu hanya menolong caleg yang kendaraannya sedang rusak. Ketika ditanya, si Babinsa itu pun tidak tahu kalau itu caleg," bebernya.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved