Indonesia akan bawa isu Palestina dan Rakhine State di KTT ASEAN

Presiden RI Joko Widodo akan membahas mengenai masalah Palestina dan Muslim Rohingya dalam pidatonya di KTT ASEAN di Singapura pada 13-15 November.

Indonesia akan bawa isu Palestina dan Rakhine State di KTT ASEAN
(KOMPAS.com/ MOH NADLIR)
Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi menunjukkan scarf Palestina yang dikenakan dilehernya sebagai bentuk dukungan dan komitmen Indonesia untuk negara tersebut pasca pengakuan Amerika Serikat atas Jerusalem, Palestina sebagai Ibu Kota Israel, menggantikan Tel Aviv, saat berpidato pada Bali Democracy Forum (BDF) ke-10, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (7/12/2017). 

SERAMBINEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo akan membahas mengenai masalah Palestina dan Muslim Rohingya dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang akan berlangsung di Singapura pada 13- 15 November 2018 mendatang.

Ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai mengikuti rapat terbatas mengenai KTT ASEAN dan KTT APEC di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

"Ini adalah isunya, saya akan menyampaikan isunya itu sendiri pada saat presiden sudah bicara," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Presiden RI. 

Baca: Mahkamah Kriminal Internasional Buka Investigasi Kasus Rohingya, Usut Kejahatan Militer Myanmar

Indo-pasifik

Selain itu, Presiden juga akan mempresentasikan isu mengenai konsep Indopasifik milik Indonesia. 

Indonesia pun akan memperkenalkan wawasan bersama (Collective Outlook) konsep Indo-Pasifik kepada negara-negara dalam KTT Asia Timur (East Asia Summit) di Singapura pada 15 November mendatang.

Pertemuan ini juga merupakan rangkaian acara KTT ASEAN di Singapura pada 12-15 November.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir mengatakan isu ini menjadi salah satu prioritas Indonesia untuk disampaikan di ASEAN.

ASEAN saat ini sedang membahas suatu konsep Indo-Pasifik dan menurut dia, tahapannya sudah cukup maju.

“Untuk pertama kalinya konsep ini akan dibahas dalam kerangka East ASEAN Summit,” ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Halaman
12
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved