Mahasiswa FKH Edukasi Warga Lhoong

Mahasiswa penerima Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah

Mahasiswa FKH Edukasi Warga Lhoong
Foto Unsyiah.ac.id
Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) 

BANDA ACEH - Mahasiswa penerima Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH-Unsyiah) mengadakan pengabdian masyarakat di Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, 10-11 November 2018. Kegiatan itu dalam rangka mengedukasi masyarakat terutama peternak setempat terkait penyakit pada kerbau dan sapi.

Jumlah peserta yang melakukan pengabdian di Gampong Sengko Mulat, Birek, dan Kareung tersebut mencapai 80 orang. Rombongan terdiri atas mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa koasistensi, dosen, dan sejumlah tenaga dari Dinas Peternakan Aceh Besar. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipusatkan di masjid kemukiman yang berada di Gampong Birek pada 10 November 2018.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah, Dr drh Muhammad Hambal, dalam rilis yang diterima Serambi kemarin, menyampaikan bahwa pentingnya pelaksanaan pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan penyakit pada ternak kerbau dan sapi di Kecamatan Lhoong. “Sudah banyak terjadi kematian kerbau di kawasan itu sehingga memerlukan penanganan yang serius. Salah satu penyakit parasit yang masih menyerang kerbau adalah Sura atau Trypanosomiasis,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan ketiga keuchiek gampong tersebut, lanjut Hambal, sudah banyak kerbau mati sehingga FKH Unsyiah memilih wilayah tersebut menjadi target pengabdian pada akhir tahun 2018. “Acara pengabdian ini diketuai Pembina Forum Bidikmisi, Dr drh Sugito MSi, dan akan diisi dengan materi penyuluhan tentang penyakit pada kerbau dan sapi,” kata dia.

Selain itu, pengabdian masyarakat itu didukung sepenuhnya oleh Dinas Peternakan Aceh yang memberikan bantuan obat-obatan dan vaksin. Pihaknya berharap pemerintah mulai dari kecamatan, kabupaten, hingga provinsi dapat serius menangani penyakit pada ternak, sehingga kesejahteraan peternak dapat terwujud.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved