Eks GAM Serahkan Senjata Api ke Kodim 0105 Aceh Barat, Dandim: Ini Menjadi Contoh Bagi yang Lain

Senpi jenis revolver bersama enam amunisi tersebut merupakan senjata api sisa bekas konflik Aceh yang selama ini disimpan oleh mantan GAM.

Eks GAM Serahkan Senjata Api ke Kodim 0105 Aceh Barat, Dandim: Ini Menjadi Contoh Bagi yang Lain
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Dandim 0105 Aceh Barat memperlihatkan senpi yang diserahkan mantan GAM pada Pos TMMD di Panton Reu kabupaten setempat, Sabtu (10/11/2018) malam. 

Laporan Rizwan | Aceh Barat

 SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Seorang mantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) kepada Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto, Sabtu (10/11) malam.

Senpi jenis revolver bersama enam amunisi tersebut merupakan senjata api sisa bekas konflik Aceh yang selama ini disimpan oleh mantan GAM.

Baca: Recep Tayyip Erdogan: Turki Telah Bagikan Rekaman Pembunuhan Khashoggi kepada Sejumlah Negara

Penyerahan senjata itu dilakukan di Pos TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 yang sedang merealisasikan kegiatan di wilayah itu.

Selain itu turut juga diserahkan dua lembar bendara bintang bulan.

Namun nama-mantan GAM yang menyerahkan senpi tidak bersedia dipublikasi ke publik.

Baca: Curhat Tentang Irwandi yang Terbelit Masalah Hukum, Darwati: Kamu Itu Tetap Pahlawan Bagi Aceh

Disebutkan penyerahan senjata tersebut atas kesadaran sendiri karena selama hampir sebulan TNI dari Kodim 0105 Aceh Barat yang melasanakan TMMD di wilayah itu sudah sangat dekat dengan masyarakat.

Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto kepada wartawan menyatakan apresiasi terhadap mantan GAM yang secara suka rela menyerahkan sepucuk senpi yang merupakan sisa konflik Aceh kepada TNI.

Baca: 196 Kantong Jenazah Ditemukan, Proses Evakuasi Lion Air JT610 Dihentikan, Ini Kata Basarnas

“Saya berterima kasih atas keikhlasan salah satu masyarakat yang mau menyerahkan senjata atas dasar kesadaran, tidak dengan paksaan kepada Kodim 0105/Aceh Barat melalui saya. Apa yang telah dilakukan oleh kawan kita menjadi contoh bagi masyarakat lain yang masih menyimpan senjata api, maupun bahan peledak, karena dapat membahayakan dirinya, keluarga dan juga orang lain,” kata Dandim selaku Dansatgas TMMD.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved