Perubahan Passing Grade Wewenang Kemenpan

Badan Kepegawaian Negera (BKN) Perwakilan Aceh menyatakan, bahwa kewenangan dalam menetapkan ambang

Perubahan Passing Grade Wewenang Kemenpan
WAKIL Ketua DPRA, Dalimi, bersama Kakanreg XIII BKN Banda Aceh, Makmur Ibrahim, memantau pelaksanaan tes CAT CPNS di Kampus Abulyatama, Aceh Besar 

* Bupati Nagan Tinjau Tes CPNS di Meulaboh

MEULABOH - Badan Kepegawaian Negera (BKN) Perwakilan Aceh menyatakan, bahwa kewenangan dalam menetapkan ambang batas (passing grade) kelulusan peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) terdapat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Kalau ada yang mengusul untuk diubah, ya di sana (Kemenpan). Kami (BKN) hanya penyelenggara saja,” tegas Muhidin RO, Koordinator tes CAT BKN Perwakilan Aceh di Meulaboh kepada wartawan, Sabtu (10/11).

Muhidin menekankan hal itu setelah menerima kunjungan Forkopimda Nagan Raya di lokasi tes CPNS di Gedung B Kompleks BKPSDM Aceh Barat di Meulaboh. “Kewenangan sepenuhnya di sana. Apa saja yang menjadi harapan, tentu menjadi masukan. Persoalan ini bukan saja di Aceh, tetapi juga dari daerah lain. Ya, secara nasional,” tukasnya.

Menurut dia, BKN masih terus melakukan dan menuntaskan pelaksanaan seleksi SKD (seleksi kompetensi dasar) untuk peserta yang melamar di Pemkab Nagan Raya dengan jadwal hingga 17 November 2018. Sedangkan, untuk peserta CPNS dari Aceh Barat yang gagal mengikuti tes pada hari pertama, mereka akan menjalani SKD pada 18 November 2018.

Koordinator tes CAT BKN Perwakilan Aceh itu mengakui, apakah kebijakan seleksi CPNS tahun 2018 ini akan sama dengan tahun 2017 lalu, saat menyikapi banyaknya peserta yang tidak lulus. “Bila melihat tahun lalu, juga hampir sama banyak yang tidak lulus SKD. Tetapi waktu itu sejumlah daerah mengusulkan formasi yang tidak lulus SKD dapat terisi sehingga dilakukan sistem perangkingan. Untuk tahun ini, kita belum tahu. Kita masih fokus menuntaskan SKD dulu,” lugas Muhidin.

Lebih lanjut, Muhidin mengungkapkan, peserta CPNS asal Nagan Raya yang mengikuti SKD CAT sudah mencapai 16 sesi dalam empat hari. Namun begitu, hingga kemarin, belum ada satu pun yang lulus passing grade. Total peserta yang mendaftar CPNS di Pemkab Nagan Raya mencapai 3.914 orang. Sebaliknya, dari 3.219 peserta CPNS asal Aceh Barat yang suah seleksi mengikuti SKD, sebanyak 28 orang dinyatakan lulus.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham didampingi Kapolres, Dandim, dan Kajari, meninjau lokasi tes CPNS asal Nagan Raya di Gedung B Kompleks BPKSD Aceh Barat di Meulaboh, Sabtu (10/11). Bupati bersama Forkopimda datang secara khusus ke Meulaboh untuk menyemangati peserta CPNS asal Nagan Raya, mengingat hingga saat ini belum ada satupun yang lulus passing grade.

Bupati Jamin Idham mengungkapkan, dari informasi yang dia peroleh, hingga hari keempat tes, belum ada satupun peserta CPNS asal Nagan Raya yang lulus SKD. Terhadap realita ini, ucap Bupati, pihaknya akan menyurati Kemenpan RB untuk dapat diberikan prioritas sehingga kuota formasi CPNS untuk Nagan Raya dapat terisi semua. “Kami akan surati Menpan RB. Kita berharap formasi terisi,” tukas Bupati kepada wartawan di Meulaboh, kemarin.

Menurut Jamin Idham, pihaknya berharap kepada peserta yang belum tes untuk belajar lebih giat. “Seleksi CPNS kal ini kalau dilihat passing grade-nya terlalu tinggi sehingga menjadi tantangan besar bagi peserta. Kami Forkopimda Nagan Raya meninjau ke lokasi tes CPNS di Meulaboh guna memberi semangat untuk peserta asal Nagan Raya agar mereka bisa lulus,” demikian Bupati Nagan Raya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved