Ziarah Makam Warnai Peringatan Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Banda Aceh dan Aceh Besar diwarnai dengan ziarah ke makam pahlawan

Ziarah Makam Warnai Peringatan Hari Pahlawan
SERAMBI/JALIMIN
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, pada peringatan Hari Pahlawan ke-73, Sabtu (10/11). Sementara Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali berziarah ke Makam Teuku Nyak Arief di Gampong Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya (kanan).

BANDA ACEH - Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Banda Aceh dan Aceh Besar diwarnai dengan ziarah ke makam pahlawan. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman melakukan tambur bunga di Taman Makam Pahlawan. Sementara Bupati Aceh Besar menziarahi makam Teuku Nyak Arief di kawasan Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Sabtu (10/11).

Aminullah mengajak seluruh jajaran pemerintahannya dan masyarakat untuk menjadikan pahlawan sebagai panutan, baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. “Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan hari ini untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan kita yang telah memberikan segalanya bagi kemerdekaan Indonesia, termasuk nyawanya,” katanya.

Ziarah Nasional Hari Pahlawan 10 November 2018 di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh dipimpin Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ziarah Nasional juga diikuti para Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, Pejabat Tinggi di Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh, perwakilan purnawirawan, para pejabat di lingkungan Pemko Banda Aceh, dan pejabagt terkait lainnya.

Usai mengikuti ziarah nasional, seluruh peserta langsung bertolak ke Lapangan Blangpadang untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Acara diakhiri dengan ramah tamah dengan keluarga pahlawan di Anjong Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh.

Sementara Pemkab Aceh Besar memperingati Hari Pahlawan ke-73 dipusatkan di di Lapangan Upacara Pesantren Al-Manar, Krueng Barona Jaya. Bupati Mawardi tiba di makam Teuku Nyak Arief pukul 06.30 Wib langsung memimpin hening cipta, sebelum melakukan tabur bunga yang diikuti Kapolres AKBP Ayie Satria Yuddha SIK MSi, Kajari Mardani SH dan unsur Forkopimda Aceh Besar lainnya.

Sebelum menyelesaikan kegiatan ziarah, Bupati Mawardi memberikan bingkisan kepada keluarga Pahlawan Teuku Nyak Arief turut disaksikan Ketua DPRK Sulaiman SE, Kapolres Aceh Besar, Perwakilan Dandim O101/BS, Sekda Aceh Besar, Rektor ISBI Aceh Dr Ir Mirza Irwansyah MBA MLA, Kepala SKPK, para camat se-Aceh Besar dan Pimpinan Ponpes Al-Manar.

Bupati Mawardi dalam sambutan saat menjadi Irup, membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita dengan menjadikan Hari Pahlawan sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewariskan nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Upacara tersebut diwarnai dengan meriahnya penampilan rapai geleng, tari kolosal dan atraksi tapak suci bela diri yang dipersembahkan Persinar (Persatuan silat santri Al-Manar) serta dipentaskan tarian sanggar Meuligo Aceh Besar.(aji/min)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved