Ada Festival Panen Kopi di Bener Meriah

Mulai Senin hari ini (19/11) akan digelar Festival Panen Kopi di Kabupaten Bener Meriah

Ada Festival Panen Kopi di Bener Meriah
SERAMBINEWS.COM/RA KARAMULLAH
Arena Bazar Wisata Festival Kopi 

* Wisata Berbasis Kearifan Lokal
* Acara Berlangsung 19-21 November 2018

REDELONG - Mulai Senin hari ini (19/11) akan digelar Festival Panen Kopi di Kabupaten Bener Meriah. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, yakni hingga Rabu (21/11). Festival ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di daerah tersebut.

Pihak panitia, Mahlijar, kepada Serambi, Minggu (11/11), mengatakan, pagelaran rangkaian festival rencananya akan dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Seladang Cafe, Kecamatan Wih Pesan, dan di Kampung Rembele, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

Festival ini dia katakan, merupakan pengembangan wisata berbasis kearifan lokal dengan menjunjung nilai budaya yang dilakukan dalam panen raya kopi di kabupaten tersebut, yang jatuh pada setiap bulan November.

“Festival ini diharapkan mampu berperan dalam mempromosikan wisata secara berkelanjutan, selain itu juga sebagai upaya pelestarian budaya masyarakat setempat yang mengolah kopi dengan cara unik,” katanya.

Mahlijar menjelaskan, kegiatan festival ini secara umum bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Gayo dalam mengolah kopi hingga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Di samping itu juga dapat menjadi salah satu sumber pemasukan bagi masyarakat sekitar lokasi acara.

“November menjadi momen yang tepat diadakanya kegiatan ini, karena bulan ini adalah waktu panen raya kopi di Kabupaten Bener Meriah,” imbuhnya.

Selama tiga hari pelaksanaan acara, ada banyak rangkaian event menarik yang akan disuguhkan, mulai dari fashion show di kebun kopi, fotografi, kopi dan kanvas, serta menampilkan perempuan usia tua dalam mengolah kopi hingga menjadi hidangan minuman yang elegan.

“Dan yang pasti adalah Kenduri Kupi yang merupakan tradisi masyarakat Gayo dalam mensyukuri nikmat menyambut masa panen kopi,” imbuhnya.

Untuk itu ia berharap kegiatan Festival Panen Kopi ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Bener Meriah, sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan dan ikut meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved