Beli Solar di SPDN Susoh, Nelayan Wajib Bawa Surat Ini

Mulai 1 November ini, nelayan yang hendak membeli solar bersubsidi di SPDN Kecamatan Susoh, harus membawa surat rekomendasi dari (DKP) Abdya.

Beli Solar di SPDN Susoh, Nelayan Wajib Bawa Surat Ini
serambinews.com
Ratusan jeriken milik nelayan yang antre untuk mendapatkan solar bersubsidi di SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) Koperasi Perikanan Rehabilitation and Empowerment of South West Coast of Aceh (Koperkan REFCA) di Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Abdya, Minggu (9/11/2018). Mulai 1 November ini, nelayan yang membeli solar bersubsidi untuk kebutuhan boatnya harus membawa rekomendasi dari Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) setempat. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Nelayan yang hendak membeli solar bersubsidi di SPDN (Solar Paket Dealer untuk Nelayan) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, untuk kebutuhan boat mereka, harus membawa surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Syarat membeli BBM untuk boat penangkap ikan itu, diwajibkan karena pihak  Pertamina mulai memperketat pembelian solar bersubsidi di SPDN yang dikelola Koperkan REFCA Ujong Serangga, Susoh.

Sedangkan DKP Abdya, hanya mengeluarkan rekomendasi terhadap boat ikan dan boat bagan yang izinnya masih berlaku.

“Ketentuan ini berlaku sejak 1 November lalu,” kata  Pengelola SPDN Koperkan REFCA Ujong Serangga Susoh, Ermisal, Minggu (11/11/2018).

Baca: Nelayan Abdya yang Hilang Ditemukan Meninggal

Ermisal mengatakan, dengan adanya kebijakan ini, nelayan yang dilayani membeli solar adalah mereka yang membawa surat rekomendasi dari DKP Abdya.

Untuk boat nelayan yang telah mati izinnya, maka DKP tak mengeluarkan rekomendasi.

Ermisal mengatakan, sebagian besar boat nelayan di wilayah itu, lengkap administrasi. Sehingga tidak terkendala untuk memperoleh rekomendasi dari DKP Abdya.

Ia mengakui, beberapa boat ikan di wilayah itu memang sudah habis masa berlakunya, dan saat ini pemilik boat sedang mengurus perpanjangan izin.    

Selain  harus membawa surat rekomendasi DKP, ketentuan lainnya dalam pembelian solar bersubsidi ini adalah, pembatasan jumlah yang dibeli sesuai kapasitas boat (GT).

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved