UAS Ajak Warga Bangun Dayah

Dai kondang asal Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak warga untuk membangun dan memperbanyak

UAS Ajak Warga Bangun Dayah
SERAMBI/JAFARUDDIN
USTAZ Abdul Somad berceramah di Lapangan Upacara Lhoksukon, Aceh Utara tentang meneladi Rasulullah SAW sebagai pemimpin pemersatu umat, Minggu (11/11). 

* Tabliq Akbar di Lhoksukon

LHOKSUKON – Dai kondang asal Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak warga untuk membangun dan memperbanyak dayah di Aceh. Anjuran tersebut disampaikan ketika tabliq akbar di Lapangan Upacara Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (11/11) sore.

Alumni Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir itu tiba di Bandara Malikussaleh dari Medan sekira pukul 15.00 WIB. Lalu, dari Muara Batu, UAS yang dijemput rombongan menuju ke Dayah Terpadu Al- Muslimun Lhoksukon.

Kegiatan tersebut dikawal aparat Polres Aceh Utara dengan seragam peci putih. Dalam tausiahnya, UAS mengajak masyarakat Aceh untuk rajin bersedekah untuk membangun dan melengkapi fasilitas di dayah tersebut.

Keberadaan dayah, lanjutnya, dapat menampung anak-anak yatim dan masyarakat miskin dengan gratis. Sehingga ke depan akan tumbuh generasi qurani, yakni santri yang mampu menghafal quran. Karena dengan banyak dayah akan semakin banyak generasi islami yang lebih baik. “Karena itu, sekolahkan di dayah dan pesantren, sehingga mereka bisa menghafal quran,” ajak alumni Pondok Pesantren Darul Arafah Deli Serdang, Sumut itu.

Selain itu, UAS juga meminta kaum ibu untuk mengawasi anaknya dalam menggunakan handphone supaya tidak kecanduan game. Jangan biarkan mereka bermain game siang dan malam tanpa memperhatikan pendidikan agama. Karena itulah, ibu-ibu jangan berhenti mengawasi anak-anaknya.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga meminta ibu-ibu memanggil anak-anaknya dengan panggilan yang baik. Sebab, panggilan orang tua terhadap anak juga bagian dari doa. Meski “Berhasilnya pengajian bukan karena ramai orang, berhasilnya pengajian kalau jamaah shalatnya bertambah,” pungkas Ustaz Abdul Somad.

Pada Sabtu (10/11) malam sekitar pukul 20.00 -21.50 WIB, UAS juga berceramah di Lapangan Sepakbola Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Kala itu, ia berceramah dengan materi memilih pemimpin Dalam Islam dan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba. Dalam ceramah tersebut ribuan warga juga memadati lapangan sepakbola tersebut.

Dalam ceramah di Sawang, UAS menyebutkan pentingnya partisipasi orang islam dalam memilih pemimpin. Karenanya, UAS mengajak warga untuk memilih pemimpin yang muslim. “Kenapa? Karena jika muslim tidak memilih pemimpin yang bermanfaat bagi agama dan bangsa. Maka akan lahir pemimpin-pemimpin yang tidak peduli dengan terhadap agama. Pilihlah pemimpin yang peduli terhadap islam, pesan Ustaz Abdul Somad.

Setelah mengisi ceramah di Sawang pada Sabtu (10/11) dari pukul 20.00-21.50 WIB, Ustaz Abdul Somad (UAS) kemudian dengan menggunakan transportasi darat ke Bandara Internasional Kuala Namu (KNO) Medan untuk menuju ke Jakarta. UAS dijemput dengan helikopter di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Jakarta Convention Center (JCC).

Lalu, dari JCC ke Bandara Soeta juga dengan menggunakan helikopter. Kemudian, UAS ke Bandara Malikussaleh Aceh Utara setelah transit di Bandara KNO Medan dari Jakarta. “UAS belum sempat istirahat. Setelah di Lhoksukon kemudian menuju ke Aceh Timur dan ke Langsa” lapor Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Tgk H Muhammad Fadhil Rahmi yang mendampingi UAS selama di Aceh.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved