21,7 Ribu Peserta Ikut Tes CPNS Kemenag Aceh, Hanya 119 Peserta Lulus TKD

Pelaksanaan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kanwil Kemenag Aceh yang berlangsung 4-12 November 2018 selesai,

21,7 Ribu Peserta Ikut Tes CPNS Kemenag Aceh, Hanya 119 Peserta Lulus TKD
Dok. Humas Kemenag Aceh
Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh dan Kasubbag Inmas, Nasril saat meninjau ujian. 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pelaksanaan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kanwil Kemenag Aceh yang berlangsung 4-12 November 2018 selesai, Senin (12/11/2018) sore.

Dari sebanyak 21.759 peserta, hanya 119 peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus TKD.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh panitia tes CPNS Kanwil Kemenag Aceh, dari 119 peserta yang lulus itu, sebanyak enam orang dari tenaga honorer (dari 62 peserta) dan tiga orang penyandang disabilitas (dari 16 peserta).

Setiap harinya terdapat terdapat 2.750 peserta yang mengikuti tes, mereka dibagi dalam lima sesi yang satu sesi ada 550 peserta.

Berdasarkan data panitia, terdapat sekitar lima sesi ujian yang peserta semua tidak lulus CAT. Rata-rata dalam setiap sesi peserta yang lulus berada di bawah 10 orang.

Baca: Revisi ‘Passing Grade’ Tes CPNS, Mungkinkah?

Baca: Memasuki Hari Ke-8 Tes CPNS Kemenag Aceh, Baru 109 Orang yang Lulus

Baca: KemenpanRB Ambil Sikap Terkait Peserta Gugur Massal di Tes SKD CPNS 2018

Selain itu, dalam tes CPNS Kemenag Aceh juga terdapat 1.283 peserta yang tidak ikut ujian. Sebagian besar diantaranya tidak ikut ujian karena terlambat tiba ke lokasi, sehingga tidak diperkenankan masuk ruangan tes.

Karena sebelumnya panitia sudah mensyaratkan supaya peserta hadir dua jam sebelum ujian untuk proses registrasi.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin, SE atau yang disapa Yahwa mengatakan, melihat hasil akhir tes CPNS Kemenag Aceh yang tidak memenuhi formasi, yaitu 1.250 orang.

Maka pihak Kanwil Kemenag Aceh akan berkoordinasi dengan Biro Kepegawain Kemenag RI.

“Setelah selesai ujian tes secara nasionalini, kita tetap akan meminta kebijakan pusat terkait permasalahan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap, formasi sebanyak 1.250 orang yang disediakan akan terisi semuanya, serta harus diisi oleh peserta yang sudah ikut CAT dan mendaftar di Kemenag Aceh. Ia berharap pusat dapat mempertimbangkan kejikan mengenai kondisi tes CPNS kali ini. (*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved