Kasus Penipuan Travel Harum Manis Telan Korban 19 Calon Jamaah Umrah

Ada 19 calon jamaah yang tertipu. Yaitu dua orang dari Bireuen, empat orang dari Aceh Barat, dua orang dari Tasik Malaya dan 11 orang dari Langsa.

Kasus Penipuan Travel Harum Manis Telan Korban 19 Calon Jamaah Umrah
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM – Keterangan sementara ada 19 orang calon jamaah umrah yang tertipu oleh pria bernisial Har (35) warga Desa Cot Pluh, Samatiga Aceh Barat selaku pengelola Travel Harum Manis yang berkantor di di Jalan Manek Ro, Gampong Ujong Baroh, Meulaboh, Aceh Barat.

Pria ini ditangkap Polres Bireuen di rumahnya di Desa Alue Dua Bakaran Batee, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Baca: Polres Bireuen Tangkap Seorang Pria Karena Diduga Menipu Calon Jamaah Umrah

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Riandi Oktama SH kepada Serambinews.com, Selasa (13/11/2018) mengatakan ada 19 calon jamaah yang tertipu.

Yaitu dua orang dari Bireuen, empat orang dari Aceh Barat, dua orang dari Tasik Malaya dan 11 orang dari Langsa.

Baca: Curah Hujan Tinggi, Jalan Menuju Transmigrasi Geumpang Longsor, Warga Terancam Terisolir

“11 orang dari Langsa sudah diselesaikan masalahnya, sedangkan lainnya belum,” ujar Kasat Reskrim.

Perbuatan tersangka merupakan pelanggaran tindak pidana penipuan sebagaimana diatur Pasal 378 KUHPidana. Kapolres Bireuen mengharapkan masyarakat yang merasa tertipu dengan pria pengelola Travel Harum Manis diminta melapor “Jika ada korban lainnya silahkan melapor ke Polres Bireuen,” ujar Kasat Reskrim.

Baca: Partai SIRA Belum Tentukan Sikap Dukung Calon Presiden

Dari laporan sementara, kerugiaan calon jamaah seluruhnya Rp 350 juta, khusus untuk korban warga Bireuen mengalami kerugian Rp 41 juta lebih. Sebelumnya jajaran Polres Bireuen menangkap seorang pria berinisial Har (35), warga Desa Cot Pluh, Samatiga Aceh Barat yang diduga telah melakukan penipuan terhadap sejumlah calon jamaah umrah.

Pria tersebut ditangkap di rumahnya kawasan Desa Alue Dua Bakaran Batee, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (13/11/2018).

Baca: Targetkan Raih Emas, Abdya Andalkan Atlet Anggar Peraih Perunggu Kejurnas 2018 di Ajang PORA

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH mengatakan tersangka termasuk salah seorang pengelola Travel Harum Manis yang berkantor di di Jalan Manek Ro, Gampong Ujong Baroh, Meulaboh, Aceh Barat.

Ia diduga telah melakukan tindak pidana penipuan terhadap sejumlah warga di Bireuen dan kabupaten/kota lainnya. Penangkapan terhadap pria tersebut berdasarkan laporan yang masuk ke Polres Bireuen, dimana ada korban di Bireuen yang membuat laporan resmi.

Baca: Alat Kelamin Pria Ini Dipatuk Ular Piton saat Buang Air Besar, Penisnya Dapat 15 Jahitan

Berdasarkan laporan tersebut maka dibentuk tim khusus atau disebut tim Harda.

“Travel tersebut bukan travel murni, tersangka sebagai pengelola travel tersebut dan tersangka sudah mengakui telah menipu karena travel tersebut tidak terdaftar di Kementerian Agama Pusat,” ujar Kasat Reskrim Polres Bireuen Iptu Eko Rendi Oktama SH.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved