Masyarakat Aceh Peringati Hari Pahlawan

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah

Masyarakat Aceh Peringati Hari Pahlawan
IST
Sekda Aceh Drs Dermawan MM foto bersama Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, Kepala Kantor Pertanahan untuk Aceh, Marsma TNI Rachman Rosta, dan Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs Supriyanto Tarah, usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember 2018 di Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (10/11). 

Banda Aceh - Ribuan masyarakat Aceh memperingati hari pahlawan ke 73, yang dilangsungkan di lapangan Blang Padang, Sabtu (10/11/2018) pagi. Dalam peringatan itu, para pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh dan Kota Banda Aceh hadir bersama masyarakat serta para pelajar.

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal yang menjadi inspektur upacara, mengatakan peringatan Hari Pahlawan bukan semata seremonial namun harus sarat makna. Masyarakat harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dan mengimplementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Karena itu seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” kata Samsul Rizal dalam sambutan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kerta Sasmita.

Samsul mengatakan Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Selain itu lanjut Samsul, masyarakat Aceh, harus mampu melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

“Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini,” ujar Samsul.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh Dermawan, menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa.

“Karena itu pada setiap peringatan hari – hari besar seperti 17 Agustus, Peringatan Hari Pahlawan, kita selalu mengundang para pahlawan dan keluarga untuk bersilaturrhami dengan kita semua,” ujar Dermawan.

Wakil Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Aceh, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam Iskandar Muda dan Ketua Bhayangkari Polda Aceh melakukan tabur bunga pada acara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh, Sabtu (10/9/2018).
Wakil Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Aceh, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam Iskandar Muda dan Ketua Bhayangkari Polda Aceh melakukan tabur bunga pada acara Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh, Sabtu (10/9/2018). (IST)

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua PKK Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan, semangat kepahlawanan yang sudah dicerminkan oleh para pahlawan harus terus digemakan. Meskipun perjuangan kemerdekaan sudah usai, tapi perjuangan dalam membangun bangsa harus terus diperjuangkan.

Halaman
12
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved