KIP Abdya Tetapkan Jumlah DPT Hasil Perbaikan Kedua, tak Memiliki e-KTP tidak Bisa Memilih

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) secara resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan kedua.

KIP Abdya Tetapkan Jumlah DPT Hasil Perbaikan Kedua, tak Memiliki e-KTP tidak Bisa Memilih
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
ILUSTRASI PLENO DPT -- Rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan dua (DPTHP-2) Pemilu 2019 di Hermes Hotel, Banda Aceh, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) secara resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan kedua untuk Pileg dan Pilpres 2019 sebanyak 97.681 jiwa.

Namun, KIP Abdya memastikan bagi masyarakat dan pemilih pemula yang belum memiliki KTP Elektronik (E-KTP) sejauh ini tidak memiliki hak suara pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Aceh Barat Daya (Abdya), Martono saat dikonfirmasi membenarkan bahwa bagi yang tidak memiliki e-KTP tidak terdaftar dalam DPT.

Baca: DPT Aceh Belum Bersih?

Baca: Quo Vadis DPT Aceh 2019

"Untuk sementara, mereka TMS (tidak memenuhi syarat)," ujar Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Abdya, Martono kepada Serambinews.com.

Dia tambahkan, jumlah para pemilih pemula dan masyarakat tidak memiliki e-KTP mencapai 3.874 Pemilih.

Meski begitu, sambungnya, jika ada aturan baru, maka para pemilih pemula yang belum terdaftar DPT, akan dimasukkan kembali dan memiliki hak suara untuk Pileg 2019 mendatang.

"Kita juga menunggu aturan baru, sehingga mereka bisa masuk DPT," ungkapnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved