PN Blangpidie Segera Gelar Sidang Perdana, Sejarah Baru setelah 16 Tahun Kabupaten Abdya Terbentuk

Selama 16 tahun Kabupaten Abdya dibentuk, berkas perkara dilimpahkan ke PN Tapaktuan di Aceh Selatan yang jaraknya sekitar 90 km dari Blangpidie.

PN Blangpidie Segera Gelar Sidang Perdana, Sejarah Baru setelah 16 Tahun Kabupaten Abdya Terbentuk
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Kajari Abdya, Abdur Kadir SH MH dan Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Zulkarnain SH MH, memberi keterangan pers setelah JPU melimpahkan lima berkas perkara di PN setempat, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie akan segera mengelar sidang perdana setelah diresmikan operasionalnya oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof Dr Muhammad Hatta Ali  SH MH dalam sebuah acara di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, 22 Oktober 2018.

Sidang perdana akan segera digelar PN Blangpidie setelah menerima lima berkas perkara yang dilimpahkan jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Aceh Barat Daya (Kejari Abdya), Rabu (14/11/2018).

Prosesi pelimpahan berkas perkara oleh JPU dari Kajari Abdya berlangsung di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Blangpidie di Jalan Nasional Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh atau depan Masjid Al-Furqan.

Pelimpahan lima berkas perkara itu, disaksikan Ketua PN Blangpidie Zulkarnain SH MH, Wakil Ketua PN Muhammad Kasim SH, Kajari Abdya Abdur Kadir SH MH, Kasi Tindak Pidana Umum (Pidum) Firmansyah Siregar SH.

Kajari Abdya, Abdur Kadir menjelaskan perlimpahan lima berkas perkara oleh JPU kepada PN Blangpidie merupakan sejarah baru bagi masyarakat Abdya dalam upaya mendapatkan pelayanan hukum.

PNS Jadi Korban Gaya Hidup Mewah dan ‘Terjerat’ Kredit, Ini Kebijakan Bupati Abdya Akmal Ibrahim

Sejarah baru itu, kata Abdur Kadir, karena selama 16 tahun Kabupaten Abdya dibentuk, berkas perkara dilimpahkan ke PN Tapaktuan di Kabupaten Aceh Selatan yang jaraknya sekitar 90 km dari Blangpidie.

"Selain lima berkas yang sudah kita limpahkan, berkas perkara lainnya yang sudah P21 segera kita limpahkan ke PN Blangpidie,” kata Kajari Abdya.

Penyidikan Kasus Irwandi Rampung, KPK Limpahkan Kasus ke Pengadilan

Sementara lima berkas yang sudah dilimpahkan ke PN Blangpidie terdiri atas perakra tindak pidana pencurian dengan terdakwa Erwin Syahputra bin Sagimin Lubis dkk.

Selanjutnya, perkara narkotika dengan terdakwa Tarmiji bin Jasmi, dan perkara tindak pidana laka lantas dengan terdakwa Rusdi Tayeb bin H Ramli.

11 Pengacara Siap Bela Irwandi di Persidangan, Ini Nama-namanya

Berikutnya, perkara pencurian dengan kekerasan dengan terdakwa Fajrol Rahman bin Zulkarnaini, dan berkas perkara penipuan dengan terdakwa Muhammad Nazar bin Jakfar Hasan.

Ketua PN Blangpidie, Zulkarnain menjelaskan, meskipun dengan sarana dan prasarana masih terbatas, pihaknya sudah siap menggelar persidangan.

Kisah Asmara Steffy dan Irwandi yang Terungkap di Persidangan, Gagal Menikah Karena Tak Ada Restu

“Kelima berkas perkara yang dilimpahkan jaksa penuntut dari Kejari Abdya akan kita gelar sidang perdana pada 21 November 2018," katanya.

Kesiapan menggelar persidangan karena PN Blangpidie sudah didukung tiga hakim atau lengkap satu majelis, yaitu Zulkarnain SH MH (ketua) Muhammad Kasim SH (wakil ketua) dan Rudy Rambe SH (hakim anggota).

Mantan Ketua PN Tapaktuan itu juga mengatakan kesiapannya menerima perlimpahan berkas perkara lainnya.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved