Posyandu Berperan Penting dalam Mengurangi Kematian Ibu Hamil, Simak Arahan Wakil Ketua TP-PKK Aceh

Untuk menekan jumlah kematian ibu hamil, pihak Posyandu harus bekerjasama dengan Tim PKK di tingkat desa dan sektor terkait lainnya.

Posyandu Berperan Penting dalam Mengurangi Kematian Ibu Hamil, Simak Arahan Wakil Ketua TP-PKK Aceh
Humas & Protokoler Setdakab Aceh Timur
Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dr Ir Diah Erti Idawati MT, menyampaikan arahan dalam Pelatihan dan Penguatan Kader Posyandu dalam Pendampingan Ibu Hamil dan Pemanfaatan Buku KIA, di Aula Kantor Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur di Idi Rayeuk, Selasa (13/11/2018). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dr Ir Diah Erti Idawati MT mengatakan, kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah salah satu unsur yang sangat berperan dalam penurunan angka kematian ibu hamil.

Namun untuk tujuan tersebut, pihak Posyandu tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan harus bekerjasama dengan Tim PKK di tingkat desa dan sektor terkait lainnya.

“Jika kerjasama ini berjalan dengan baik, maka akan mampu mewujudkan keluarga yang sehat, berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis, dalam bingkai ketaqwaan dan keimanan kepada-Nya. Yang juga akan berdampak pada menurunnya tingkat kematian ibu hamil,” kata Diah, Selasa (13/11/2018).

Baca: PKK Aceh Raih Juara di Lomba Cipta Menu Tingkat Nasional

Arahan itu disampaikannya saat membuka kegiatan pelatihan dan penguatan dalam pendampingan ibu hamil dan pemanfaatan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang menjadi pedoman bagi kader Posyandu.

Sementara, Wakil Ketua TP-PKK Aceh Timur, Ners Mariani SKeb, menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan kader Posyandu ini mewrupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab PKK Aceh dan PKK Aceh Timur.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pembinaan agar penerapan 10 program pokok PKK bagi masyarakat gampong berjalan dengan baik di tingkat gampong,” kata Mariani.(*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved