Tafakur

Skala Prioritas

Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit

Skala Prioritas

Oleh: Jarjani Usman

“Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin” (QS. Al- Kahfi: 45).

Islam mengajak kita untuk senantiasa memikirkan dan melaksanakan hal-hal yang termasuk skala prioritas dalam hidup ini. Tujuannya agar waktu hidup yang singkat di dunia ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk hal-hal yang penting, sehingga menjadikan dunia sebagai ladang beramal untuk akhirat. Sedangkan bila hanya berorientasi dunia, dunia ini pasti akan hancur atau fana, sehingga apa-apa yang telah diperjuangkan akan sia-sia.

Sia-sianya hidup di dunia tentunya berdampak buruk sekali terhadap kehidupan di akhirat kelak. Apalagi hidup di dunia ini hanya sekali. Misalnya, bila tidak mau belajar tentang kebaikan dengan niat yang tulus, beribadah dengan ikhlas, membina ukhuwah karena Allah, dan lain-lain, akan sulit menjalani kehidupan dengan nilai-nilai yang mengarah kepada akhirat. Hidup yang demikian hanya akan menghasilkan kecerdasan dalam perlombaan memperturutkan hawa nafsu yang tak pernah habisnya.

Padahal menurut Rasulullah SAW, bila hidup yang memprioritaskan akhirat, dunia pun akan diperoleh. Namun tidak demikian bila hanya memprioritaskan dunia, tak akan memperoleh akhirat. Dengan kata lain, kehidupan yang hanya berorientasi dunia termasuk orientasi hidup orang-orang bodoh. Sedangkan orang-orang cerdas, menurut Rasulullah SAW, akan memikirkan akhirat dan mempersiapkan dirinya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved