Tafakur

Ujian Masuk Surga

Tak sedikit di antara kita yang merasa diri sudah termasuk golongan penghuni surga. Padahal banyak ujian untuk menuju ke surga

Ujian Masuk Surga

Oleh: Jarjani Usman

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS. Ali Imran: 31).

Tak sedikit di antara kita yang merasa diri sudah termasuk golongan penghuni surga. Padahal banyak ujian untuk menuju ke surga belum lulus.

Disebutkan dalam sejumlah hadits bahwa untuk memperoleh surga, setiap individu harus berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh cinta Allah. Kecintaan Allah akan diperoleh antara lain dengan cara mencintai sesama manusia dengan karena Allah, menyambung tali silaturrahmi yang sudah terputus, dan berkorban karena Allah (HR. Ahmad).

Bahkan Nabi Daud alaihissalam berdoa agar ditunjuki perbuatan-perbuatan yang dapat mengantarnya kepada cinta Allah. Beliau berdoa agar diberikan kemampuan untuk lebih mencintai Allah dibandingkan mencintai dirinya sendiri dan keluarganya (HR. Tirmidzi).

Namun sayangnya, banyak yang mengharapkan surga, tetapi suka melakukan hal-hal yang dibenci Allah. Misalnya, suka memutuskan hubungan silaturrahim, berkurban karena menginginkan posisi dan pujaan manusia, suka mengabaikan perintah Allah demi memperturutkan hawa nafsu sendiri dan keluarga, dan lain-lain. Dengan kata lain, jalan kehidupan yang dilalui sangat berseberangan dengan jalan menuju cinta Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved