Desember, Aceh Utara Berportensi Banjir

Sejumlah wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe diperkirakan akan banjir kategori menengah pada Desember 2018

Desember, Aceh Utara  Berportensi Banjir
Kantor Urusan Agama (KUA) Singkil Utara, Aceh Singkil, di kawasan Ketapang Indah, terendam banjir, Kamis (8/11) 

* Solusi Normalisasi Sungai Jambo Aye dan Berfungsinya Bendungan Keuruto

LHOKSEUMAWE - Sejumlah wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe diperkirakan akan banjir kategori menengah pada Desember 2018, hingga minggu pertama Januari 2019 disebabkan curah hujan di wilayah Aceh Utara dan kawasan tengah. Hal ini berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara.

Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara, Nasrol Adil, kepada Serambi kemarin, menjelaskan, pada Desember 2018 ini, curah hujan tinggi mencapai 300 mm lebih akan melanda sejumlah wilayah di Aceh, termasuk Aceh Utara, Lhokseumawe, dan wilayah tengah.

“Hal ini terjadi karena adanya pembentukan awan-awan hujan di wilayah kita. Jadi, dengan kondisi hujan tesebut, maka sejumlah wilayah Aceh Utara, seperti Langkahan, Lhoksukon, Matangkuli, Tanah Luas, Baktya, dan Baktya Barat, akan berpotensi banjir. Banjir terjadi bukan hanya karena air hujan yang mendera Aceh Utara saja, tapi juga air kiriman dari wilayah tengah,”jelasnya.

Namun, kata Nasrol, banjir di sejumlah wilayah tersebut bisa diantisipasi jika sekarang ini dilakukan normalisasi sungai Jambo Aye dan berfungsinya bendungan Keuruto. “Bila ini tidak dilakukan, maka banjir akan melanda sejumlah kawasan tersebut seperti akhir tahun lalu,” paparnya.

Sedangkan potensi banjir kategori menengah juga berpotensi terjadi di kawasan Blang Mangat Lhokseumawe. Hal ini dikarenakan hujan dan juga air kiriman dari daerah bagian tengah. “Kita prediksikan pada akhir Desember banjir kategori menengah juga akan melanda Kecamatan Muara Satu dan Muara Dua Lhokseumawe. Hal ini akibat akumulasi hujan yang terjadi sejak awal Desember dan pasangnya air laut,” demikian Nasrol. (bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved