FFI Majukan Pariwisata Lewat Kebersihan

Friendship Force Indonesia (FFI) hadir di SMAN 1 Ingin Jaya, Lubok Sukon, Aceh Besar dan Program Studi D3 Kesekretariatan

FFI Majukan Pariwisata  Lewat Kebersihan
Kapal Motor Penumpang (KMP) Tanjung Burang dan KMP Papuyu melayani penyeberangan Ulee Lheue-Balohan, Jumat (29/12). Hari ini diperkirakan terjadi lonjakan wisatawan menuju ke Sabang. SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - Friendship Force Indonesia (FFI) hadir di SMAN 1 Ingin Jaya, Lubok Sukon, Aceh Besar dan Program Studi D3 Kesekretariatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Kamis (15/11). Kegiatan yang diadakan FFI Club Banda Aceh tersebut, mengangkat tema ‘Sosialisasi hidup bersih dan lingkungan sehat untuk mendukung pariwisata Aceh’.

“FFI ingin berkontribusi bagi perdamaian dunia melalui pemahaman budaya. Bagaimana mempromosi persahabatan antarbangsa melalui pertukaran budaya. Di setiap bangsa bisa sangat disesuaikan dengan budaya masing-masing,” ujar Field Representative FFI, Atiek Widjajati.

Dijelaskan, pada dasarnya dalam organisasi tersebut, bagaimana Indonesia membawa negara ini ke luar dan bagaimana Indonesia menyambut tamu dari luar dan memperkenalkan budayanya. Pertukaran budaya tersebut bisa melalui seni, kuliner, olahraga, dan tradisi sehari-hari yang hidup di dalam masyarakat.

Ditegaskan Atiek, ini bisa dilakukan warga Aceh tanpa harus menunggu Pemerintah. Bagaimana menanamkan kebersihan mulai dari diri sendiri, sekolah, dan lingkungan. “Kita tidak akan bisa meningkatkan devisa negara melalui wisata kalau tidak ada wisatawan yang masuk. Wisatawan tidak akan masuk kalau kita tidak punya Sumber Daya Manusia (SDM) dan kebersihan,” beber Atiek.

Ketua FFI Club Banda Aceh, Dra Adirun Ahmad MM menambahkan, mereka aktif terjun ke daerah-daerah di Aceh untuk menyosialisasikan kebersihan kepada para pelaku wisata, seperti rumah makan. Pihaknya menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) guna melaporkan hasil temuan di lapangan.

Acara yang bertempat di SMAN 1 Ingin Jaya, dihadiri Kepala Sekolah setempat, Dra Nurhayati Umar SPd, Dr drg Komalawati SP Ortho, dan Ramlah A Nawi MM Par. Selain para guru sekolah itu, acara juga dihadiri oleh puluhan siswa SMAN 1 Ingin Jaya.(rul)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved