Santri Bireuen Juara Baca Kitab Kuning

Muhammad Khatami, santri Dayah Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen

Santri Bireuen Juara Baca Kitab Kuning
IST
KADIS Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El- Madny (kanan), menyerahkan hadiah kepada juara pertama lomba pidato bahasa Arab di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Jumat (16/11) malam. 

BANDA ACEH - Muhammad Khatami, santri Dayah Madinatuddiniyah Babussalam, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, tampil sebagai juara pertama Lomba Baca Kitab Kuning atau Musabaqah Qiraatil Kutub Antarsantri se-Aceh Tahun 2018. Kepastian itu diperoleh setelah Khatami meraih nilai tertinggi dalam lomba yang berlangsung di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom, Banda Aceh, 14-17 November 2018.

Sementara juara kedua dan ketiga pada lomba yang digelar Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2018 diraih Muhammad Taufiq dari Dayah Madinattudiniyah Darul Huda, Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara dan Jasman dari Dayah Darul Ilham, Padang Bakau, Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Sedangkan juara harapan I, II, dan III masing-masing didapat Ulil Azmi (Dayah Imiti Darul Aitami, Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat), Muhammad Syahrul (Dayah Darul Munawwarah, Kuta Krueng, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya), dan Septian Prala dari Dayah Darul Mukhlisin, Bumi Jimet Kibet, Kecamatan Bebesan, Aceh Tengah.

Ketua Panitia, Drs Muhammad Nas MA, kepada Serambi, sore kemarin, menyebutkan, selain lomba baca kitab kuning, dalam kegiatan itu pihaknya juga melaksanakan lomba pidato bahasa Indonesia dan bahasa Arab (rincian juara lomba pidato lihat boks). Menurutnya, ketiga cabang lomba itu diikuti perwakilan santri dari 23 kabupaten/kota se-Aceh yang berjumlah 69 orang. Dimana, setiap kabupaten/kota diwakili tiga peserta (satu orang untuk satu cabang).

Dikatakan, para setiap akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan tropi dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh. “Adapun besarnya uang pembinaan masing-masing juara pertama Rp 4 juta, juara kedua Rp 3 juta, juara ketiga Rp 2 juta, juara harapan satu Rp 1,5 juta, juara harapan dua Rp 1 juta, dan juara harapan tiga Rp 750 ribu,” rinci Muhammad Nas yang juga Kasi Bimbingan dan Pengasuhan pada Bidang Pemberdayaan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Ditambahkan, lomba tersebut ditutup Kadis Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah El-Madny SAg MM, Jumat (16/11) malam. “Selamat kepada para juara dan jangan kecewa bagi yang belum berhasil. Teruslah belajar dengan giat, Insya Allah suatu saat nanti akan menjadi yang terbaik. Hal yang tak kalah penting yang kita dapat dari acara ini adalah terjalinnya ukhuwah antarsantri se-Aceh,” ungkap Usamah.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved