Tafakur

Memaksimalkan Hidup

Katakanlah, kesengsaraan dunia ini hanya sedikit, sedangkan akhirat lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa

Memaksimalkan Hidup

Oleh: Jarjani Usman

“Katakanlah, kesengsaraan dunia ini hanya sedikit, sedangkan akhirat lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, dan kamu sekalian, baik yang bertakwa maupun yang tidak bertakwa, tidak akan dianiaya sedikit pun” (QS. An-Nisa’: 77).

Berkali-kali diingatkan melalui Alquran dan hadits bahwa hidup di dunia ini sangat singkat, walaupun bagi sebahagian orang merasa panjang. Singkatnya hidup di dunia ini mengharuskan setiap insan untuk memaksimalkan pemanfaatannya. Kata Nabi Muhammad SAW “Dunia merupakan tempat menanam, yang hasilnya akan dipetik di akhirat kelak). Untuk itu, setiap insan dikaruniai akal pikiran untuk mengolah segala potensi yang dimiliki.

Tentunya kita tak akan mampu mengolah potensi-potensi yang ada tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu mengenal potensi-potensi yang dimiliki setiap individu, dan pendidikan merupakan proses mengolah atau menghidupkan potensi-potensi tersebut. Proses mengenal dan mengembangkan potensi itu sangat dihargai, sehingga disediakan pahala berlimpah.

Apalagi potensi seseorang bila dikembangkan bukan hanya membantu kehidupan diri sendiri, tetapi orang banyak. Buktinya, produk-produk yang dikembangkan oleh satu atau beberapa orang bisa dinikmati manfaatnya oleh siapapun.

Juga penting sebagai upaya memaksimalkan hidup adalah menjaga segala kebaikan yang telah diraih. Dilarang untuk menghancurkan pahala-pahala yang telah diraih, tetapi dianjurkan untuk memanfaatkan momentum-momentum yang menghasilkan pahala berlipat ganda. Semua ini penting bagi kehidupan pribadi kita di akhirat yang abadi.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved