Wartawan Serambi Juara II Nasional

Prestasi manis ditoreh wartawan Serambi Indonesia, Muhammad Nasir. Ia berhasil meraih Anugerah Jurnalistik Pertamina

Wartawan Serambi Juara II Nasional
IST
WARTAWAN Serambi Indonesia, Muhammad Nasir, meraih juara II Anugerah Jurnalistik Pertamina 2018 kategori features online. Penyerahan piagam berlangsung di Gedung Pertamina Tower, Jakarta, Jumat (23/11). 

* Di Ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2018

BANDA ACEH - Prestasi manis ditoreh wartawan Serambi Indonesia, Muhammad Nasir. Ia berhasil meraih Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2018, setelah merebut juara II kategori Features Online. Pengumuman sekaligus penganugerahan pemenang berlangsung di Gedung Pertamina Tower, Jakarta, Jumat (23/11).

Dalam lomba tersebut, Muhammad Nasir mengikutsertakan karya tulis berupa hasil reportasenya tentang proses distribusi LPG ke Pulo Aceh, salah satu pulau terdepan di Sumatera. Nasir memberi judul tulisannya “Menantang Ombak Samudera, Mengantar LPG ke Pulau Terluar”. Tulisan ini dimuat di website milik Serambi Indonesia (Serambinews.com/aceh.tribunnews.com), Kamis, 26 Juli 2018 21:37 WIB. Atas raihan itu, Muhammad Nasir berhak atas trofi dan hadiah uang.

Sementara juara pertama kategori feature media online, diraih Afut Syafril Nusyirwan dari LKBN Antara Jakarta dengan karyanya “Martinus dan harapannya pada BBM Satu Harga”. Juara III diraih Ade Hapsari Lestari dari Metrotvnews.com dengan karya berjudul “Berjibaku di Tanah Palu”.

Feature berjudul “Menantang Ombak Samudera, Mengantar LPG ke Pulau Terluar” karya Muhammad Nasir merekam kegiatan awak kapal kayu yang setiap minggu berjibaku dengan ganasnya lautan, demi mengantar LPG ke Pulo Aceh, Aceh Besar. Hasilnya, saat ini warga Pulo Aceh bisa mendapatkan LPG dengan mudah, meskipun dengan harga yang lebih mahal.

Ajang AJP 2018 diikuti wartawan dari seluruh Indonesia. Ada sekitar 2.000 karya jurnalistik yang diseleksi oleh dewan juri untuk menjadi yang terbaik.

Lomba tersebut terdiri atas 11 kategori yakni Hardnews Cetak, Feature Cetak, Feature Online, Feature Radio, Feature Televisi, Foto Essay, Foto Pilihan Juri, Publikasi CSR, Publikasi Olahraga, termasuk di dalamnya Citizen Journalism dan Best Of The Best.

Setelah melalui proses seleksi ketat, dari 2.000 lebih karya yang masuk, akhirnya 42 karya jurnalistik terbaik meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2018.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menyatakan, pemenang AJP 2018 memperlihatkan komposisi yang seimbang antara media nasional dengan media lokal. Hal ini menunjukkan, kualitas karya media lokal atau daerah sudah menyamai kualitas media nasional.

“Menariknya, peraih penghargaan tertinggi pada AJP 2018 yakni best of the best diraih jurnalis dari daerah, yakni RRI Purwokerto, Jawa Tengah. Proses penetapan best of the best memang sangat alot, pemenang tahun ini berkualitas,” ujar Adiatma.

Khusus pemenang best of the best, lanjut Adiatma, selain mendapat uang tunai, piala dan piagam penghargaan, Pertamina akan memberikan apresiasi khusus berupa kursus singkat di luar negeri.

Ketua Dewan Juri AJP 2018 yang juga Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo menyatakan, pemenang best of the best tahun ini berjudul “Pelita di Belantara Mangrove” merupakan karya jurnalistik radio paling lengkap.(nal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved