UAS: Berlombalah Tingkatkan Ibadah kepada Allah

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad Lc MA kembali berceramah di Banda Aceh

UAS: Berlombalah Tingkatkan Ibadah kepada Allah - ribuan-jamaah-memadati-halaman-masjid-raya-baiturrahman.jpg
SERAMBI/BUDI FATRIA
Ribuan jamaah memadati halaman Masjid Raya Baiturrahman untuk mendengarkan ceramah agama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan Ustaz Somad
UAS: Berlombalah Tingkatkan Ibadah kepada Allah - ustaz-abdul-somad-bertemu-nyak-sandang-pemilik-obligasi.jpg
SERAMBI/BUDI FATRIA
USTAZ Abdul Somad bertemu Nyak Sandang, pemilik obligasi pembelian pesawat Seulawah RI 001 di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom, Banda Aceh, Minggu (25/11).

* Jamaah di Masjid Raya Tumpah Ruah

BANDA ACEH - Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad Lc MA kembali berceramah di Banda Aceh. Tadi malam, dai asal Pekanbaru, Riau, itu berceramah di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, dalam acara tablig akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1440 Hijriah.

Peringatan maulid nabi itu diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) Aceh bekerja sama dengan Ikatan Kekeluargaan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh. Acara tadi malam, turut dihadiri Plt Gubernur Aceh, Sekda Aceh, Wali Nanggroe, Wali Kota Banda Aceh, dan sejumlah ulama.

Pantauan Serambi, jamaah Ustaz Abdul Somad (UAS) tumpah ruah dalam acara tablig akbar tersebut. Halaman masjid raya berubah jadi lautan jamaah yang datang dari berbagai daerah untuk mendengarkan ceramah UAS. Jamaah tak beranjak dari tempat duduk hingga UAS selesai berceramah pada pukul 23.30 WIB.

UAS yang memiliki tak kurang 4 juta pengikut di Instagram itu mengawali ceramahnya dengan menjelaskan hukum memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Dia katakan, peringatan hari lahir nabi yang selama ini diperingati oleh segenap masyarakat Aceh bukan hal yang salah. “Silakan memperingati Maulid Nabi Muhammad, namun juga tetap berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah kepada Allah,” ujarnya.

“Nabi ditanya oleh sahabat, kenapa engkau puasa hari Senin dan Kamis wahai Rasulullah? Nabi menjawab bahwa hari Senin adalah hari aku dilahirkan. Nabi mengingat hari lahirnya setiap seminggu sekali, setiap hari Senin. Kalau seminggu sekali boleh diperingati, apalagi setahun sekali seperti yang kita laksanakan malam ini,” kata UAS berlogika.

UAS mengatakan, ulama yang menghafal 300.000 hadis, Imam Ibnu Hajar Alasqalani dikutip oleh Imam Jalaluddin Abdurrahmah Assuyuthi, dalam kitab Al Hawi Lil Fatawi mengatakan maulid nabi dengan lengkap dalili-dalilnya. “Boleh diperingati. Maka siapa yang melaksanakan maulid, silakan, yang sudah buat alhamdulillah, yang ragu-ragu jangan takut, akan datang tetap dibuat, kantor-kantor dinas, pengajian buat maulid, kantor pemerintahan buat maulid,” kata UAS.

Namun, kata UAS, jangan hanya terlena dengan buat maulid, lantas lupa meningkatkan ibadah kepada Allah dan tidak meneladani sifat-sifat Rasulullah. “Kita yang berselawat berjamaah malam ini dicatat, tapi ingat tidak cukup dengan selawat saja. Kita harus melaksanakan shalat, puasa, haji, umrah, zikir, dan juga baca Alquran,” timpalnya.

Dalam ceramahnya, UAS juga mengatakan harus bangga menjadi masyarakat Aceh. Namun, kata UAS, menjadi orang Aceh memiliki tanggung jawab besar. “Menjadi orang Aceh harus siap meramaikan masjid, shalat berjamaah. Ibnu Batutah sudah sampai ke negeri ini, dia mengatakan ulamanya berjubah, rajanya menunggangi gajah, ramai mereka turun ke jalan, masjidnya penuh. Itu cerita 700 tahun lalu,” katanya.

Sudah dari dulu, menurut UAS, masyarakat Aceh terbukti mengedepankan pelaksanaan syariat Islam, beribadah kepada Allah, dan menggunakan kekuasaan dalam jalan yang diridai oleh Allah. “Sampai sekarang itu masih berjalan, di Aceh ada Dinas Syariat Islam, ada polisi wilayatul hisbah. Tidak ada di tempat lain. Aceh juga yang pertama sekali mengonversi bank konvensional menjadi bank syariah,” katanya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved