Langsa Kota Juara Umum MTQ

Kafilah Kecamatan Langsa Kota berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Kota

Langsa Kota Juara Umum MTQ
SERAMBI/ZUBIR
WAKIL Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki H, didampingi Kapolres, Sekdakot, Kadis Syariat Islam,menyerahkan piala bergikir MTQ kepada Camat Langsa Kota, T M Taufiq SSTP MSP, di Lapangan Merdeka Langsa, Minggu (26/11) malam.

* Ditutup oleh Wakil Wali Kota

LANGSA - Kafilah Kecamatan Langsa Kota berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX tingkat Kota Langsa tahun 2018. Kegiatan keagamaan itu resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM di Lapangan Merdeka Langsa, pada Minggu (25/11) malam.

Piala bergilir MTQ IX 2018 diberikan oleh Wakil Wali Kota yang ikut didampingi Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc; Sekdako Syahrul Taeb SH MAp, Kadis Syariat Islam, Drs H Ibrahim Latif MM, kepada Camat Langsa Kota, TM Taufiq SSTP MSP di atas panggung utama.

MTQ ke IX ini yang dibuka pada Jumat (23/11) malam memperlombakan 7 cabang, yaitu Tilawah, Hifzil, Tafsir, Fahm, Syarhil, Kaht dan Musabaqah Makalah Quran (MMQ).

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM sebelum menutup MTQ menyatakan para kafilah yang menjadi pemenang kembali belajar dan berlatih secara intensif. Disebutkan, hal itu sebagai persiapan menghadapi MTQ tingkat provinsi dan nasional.

“Bagi peserta yang belum berhasil, jadikanlah MTQ ini sebagai pengalaman dan teruslah belajar, serta berlatih lebih giat lagi, sehingga ke depan akan dapat meraih juara,” ujarnya. Menurut Marzuki Hamid, ajang MTQ ini bukan semata-mata untuk mendapat hadiah dan menjadi juara, tetapi juga syiar Islam dan menguji kemampuan para generasi Qurani Kota Langsa.

Sedangkan Ketua Panitia, Drs H Ibrahim Latif MM menjelaskan berdasarkan keputusan koordinator Dewan Hakim MTQ IX Kota Langsa Tahun 2018 Nomor : 001/DH-MTQ-IX/ 2018 tanggal 25 November 2018, maka juara umum sampai peringkat 5 diumumkan secara resmi.

Dikatakan, Kecamatan Langsa Kota sebagai juara umum, Langsa Lama di posisi 2, Langsa Barat posisi 3, Langsa Timur posisi 4 dan juru kunci, Kecamatan Langsa Baro dengan peringkat 5. Ibraim Latif menyatakan juara umum mendapat uang pembinaan Rp 10 juta bersama tropi dan piala bergilir, serta setiap qari dan qariah juara 1 juga dapat uang pembinaan Rp 2,5 juta.

Ditambahkan untuk juara kedua mendapat Rp 1,8 juta, dan juara ketiga Rp 1,1 juta. Ibrahim Latif menjelaskan para peserta mulai dari tingkat anak-anak-remaja sampai dewasa dan tunanetra.

Dilansir sebelumnya, Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, Jumat (23/11) malam membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Langsa ke IX tahun 2018, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Langsa. Dalam sambutannya, dia mengatakan Quran merupakan lampu penerang hati dalam menembus gelapnya kehidupan, serta sebagai benteng untuk menahan godaan yang menyesatkan.

Dia menyatakan Quran merupakan kitab suci yang dipenuhi inspirasi dan motivasi, sehingga harus dijadikan sebagai pedoman dalam memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan dan hal lainnya.

Sementara itu, Ketua panitia yang juga Kadis Syariat Islam, Drs H Ibrahim Latif MM mengatakan MTQ ini untuk mencari bibit qari dan qariah terbaik untuk MTQ Provinsi Aceh di Pidie pada 2019 mendatang.

Menurut Ibrahim Latif, MTQ tahun ini mengusung tema: “Melalui MTQ tahun 2018 Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Isi Kandungan Alquran” direncanakan berlangsung selama 3 hari sampai Minggu (25/11).

Sementara, peserta MTQ berasal dari lima kecamatan yakni Langsa Kota 53 orang, Langsa Barat 49 orang, Langsa Timur 44 orang, Langsa Baro 47 orang dan Langsa Lama 51 orang.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved