Panwaslu Gayo Lues Copot Atribut Kampanye Caleg, Ini Masalahnya

Staf Panwaslu Galus, Ali Nurdin mengatakan, puluhan APK caleg mulai tingkat DPRK hingga DPR RI itu dicopot karena bermasalah secara aturan.

Panwaslu Gayo Lues Copot Atribut Kampanye Caleg, Ini Masalahnya
Serambinews.com
Anggota Panwaslu/Bawaslu dan personel Polres Gayo Lues berfoto bersama sebelum mencopot APK caleg di Kota Blangkejeren yang dipasang di lokasi terlarang, Selasa(27/11/2018). 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN – Staf Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Gayo Lues (Galus) bersama aparat Satpol PP dan Polres Galus mencopot puluhan lembar spanduk, baliho, pamflet dan stiker yang dipasang di tempat-tempat terlarang, Selasa (27/11/2018).

Koordinator Divisi Pelanggaran Pemilu di Panwaslu Galus, Ali Nurdin SKom, mengatakan puluhan APK calon anggota legislatif (caleg) mulai tingkat DPRK hingga DPR RI itu dicopot karena bermasalah secara aturan.

Seperti dipasang di median jalan, di pakukan di batang pohon taman kota, bahkan ada yang dipasang di area properti (tanah, rumah, toko, tempat usaha) pribadi seseorang, tanpa izin pemilik properti.

Baca: Singgung Soal Pemilu 2019, UAS: Jika Ada Caleg Beri Uang, Ambil Uangnya, Tapi Jangan Pilih Orangnya

Peraturan yang dilanggar adalah Peraturan KPU tahun 2018 khususnya Pasal 23 tentang Kampanye Pemilihan Umum 2019 dan Pemasangan Alat Peraga Kampanye di tempat tertentu yang dilarang.

“Tim kampanye yang melanggar ketentuan pemasangan alat peraga ini pun akan dikenakan sanksi administratif. Disertai  penurunan atau pembersihan APK caleg peserta Pemilu,” katanya, seperti yang dilakukan Senin (27/11/2018).

"APK yang kami amankan ini berupa baliho, spanduk, pamflet, dan stiker yang pemasangannya menjadi masalah bagi orang lain. Kini semua APK yang disita itu diamankan di kantor Panwaslu Galus sebagai barang bukti pelanggaran," jelas Ali Nurdin.(*)

Penulis: Rasidan
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved