Rakor Dewan Ketahanan Pangan Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Aceh, Selasa (27/11), ditutup Kadis Pangan Aceh, Dr Ir Ilyas MP

Rakor Dewan Ketahanan Pangan Hasilkan Sejumlah Rekomendasi
IST
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Kadis Pangan Aceh, Ilyas, foto bersama dengan penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Naggroe di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Senin (26/11). 

BANDA ACEH - Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Aceh, Selasa (27/11), ditutup Kadis Pangan Aceh, Dr Ir Ilyas MP, selaku Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Aceh. Rakor yang berlangsung di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, sejak Minggu (25/11) itu menghasilkan sejumlah rekomendasi.

Rekomendasi itu antara lain ketua dewan ketahanan pangan kabupaten/kota diharapkan dapat menyampaikan laporan kepada Ketua Dewan Ketahanan Pangan Aceh (Gubernur Aceh) tentang keadaan pangan (ketersediaan, distribusi, dan pemanfaatan) dan inovasi serta masalah pangan di daerah masing-masing, Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota agar mengalokasikan anggaran yang memadai sesuai kebutuhan berdasarkan identifikasi masalah yang ada dan menggerakkan dana dari masyarakat dan swasta, serta perlu peningkatan efektifitas penggunaan dana untuk mendukung ketahanan pangan di daerah.

Ilyas dalam sambutannya berharap rekomendasi yang dihasilkan dalam rakor itu bisa menjadi landasan dalam penyelesaian persoalan ketahanan pangan yang meliputi aspek ketersediaan, aksesibilitas, konsumsi dan keamanan pangan serta penanganan daerah rawan/ rentan pangan dan gizi secara berkesinambungan.

“Sangat diperlukan komitmen dan koordinasi bersama guna menindaklanjuti rekomendasi rapat koordinasi ini sebagai cerminan yang tertuang di dalam undang-undang. Kebijakan, program dan penganggaran harus terus ditingkatkan dengan berbagai terobosan dan inovasi,” pinta Ilyas saat menutup rakor tersebut, kemarin.

Seperti diketahui, Rakor Dewan Ketahanan Pangan Aceh yang diikuti 120 peserta dari seluruh Aceh itu dibuka Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Aceh, Minggu (25/11). Selain diisi dengan rapat dan diskusi, dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan tertinggi bidang pangan kepala sejumlah pelaku/pegiat pangan dengan berbagai katagori oleh Plt Gubernur, serta pameran beberapa produk pangan segar dan aneka inovasi.(rel/jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved