Amerika Kembalikan Potongan Mozaik 'Gadis Gipsi' ke Turki

Potongan mozaik itu akan dipamerkan di Museum Mosaik Zeugma di Gaziantep, kemudian akan dikembalikan ke tempat asalnya.

Amerika Kembalikan Potongan Mozaik 'Gadis Gipsi' ke Turki
Anadolu Agency
Ilustrasi Mozaik 

SERAMBINEWS.COM - Amerika Serikat mengembalikan potongan mozaik "Gadis Gipsi" ke Turki pada Selasa (27/11/2018). Pengembalian mozaik bersejarah itu dilakukan menggunakan Turkish Airlines, dan saat ini telah tiba di  Turki.

Di bawah protokol yang ditandatangani bulan Mei oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki dan Bowling Green State University di AS, 12 mozaik yang berasal dari zaman Romawi dikirim kembali ke Turki dari bandara di Chicago, Illinois.

Baca: Ditemukan di Kalimantan, Inilah Penampakan Lukisan Figuratif Tertua di Dunia

Setelah mendarat di Bandara Ataturk di Istanbul, potongan mozaik itu akan dibawa ke Provinsi Gaziantep dengan pesawat lain, dan diperkirakan sampai di sana Rabu (28/11/2018) pagi.

Untuk sementara waktu, potongan-potongan mozaik itu akan dipamerkan di Museum Mosaik Zeugma di Gaziantep, kemudian akan dikembalikan ke tempat asalnya bersama dengan potongan mozaik yang lebih besar.

Potongan-potongan itu ditemukan pada awal 1960-an selama penggalian liar di kota kuno Zeugma lalu diselundupkan ke luar negeri.

Bertahun-tahun kemudian, potongan-potongan itu dipamerkan di Bowling Green State University, setelah universitas itu membeli mozaik seharga USD35.000.(Anadolu Agency)

Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved