Mendagri Setujui Sulaiman Jadi Ketua DPRA

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, akhirnya menyetujui pengangkatan Tgk Sulaiman SE MSM

Mendagri Setujui Sulaiman Jadi Ketua DPRA
KETUA DPRA yang baru, Tgk Sulaiman bersalaman dengan ketua lama Tgk Muharuddin usai Rapat Paripurna Khusus di gedung dewan setempat 

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, akhirnya menyetujui pengangkatan Tgk Sulaiman SE MSM sebagai Ketua DPRA menggantikan Tgk Muharuddin SSosI MM. Persetujuan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diterbitkan Selasa, 27 November 2018.

Surat bernomor 161.11-85311 Tahun 2018 itu diterbitkan atas nama Mendagri, Tjahjo Kumolo yang ditandatangani Direktur Jenderal Otonomi Daerah. SK tersebut juga disampaikan kepada 19 pihak, di antaranya Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Mahkamah Agung, Plt Gubernur Aceh, dan Ketua DPRA.

Dalam salinan SK yang diperoleh Serambi, Rabu (28/11), Mendagri menyetujui dan menandatangani serta meresmikan pengangkatan Tgk Sulaiman sebagai Ketua DPRA menggantikan Tgk Muharuddin. “Memutuskan, meresmikan pengangkatan Saudara Sulaiman SE MSM sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, sisa masa jabatan tahun 2014-2019 terhitung sejak pengucapan sumpah dan janji,” demikian bunyi putusan kesatu dalam SK tersebut.

Selanjutnya disebutkan, pengucapan sumpah atau janji akan dilakukan dalam rentang waktu 60 hari sejak keputusan tersebut dikeluarkan. “Keputusan ini berlaku mulai pada tanggal pengucapan sumpah/janji dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya,” demikian bunyi putusan terakhir SK itu.

Surat tersebut dikeluarkan atas beberapa pertimbangan. Pertama, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 161.11-4745 tanggal 19 Desember 2014 tentang Pengangkatan Tgk Muharuddin dari Partai Aceh sebagai Ketua DPRA.

Selanjutnya berdasarkan surat Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA) Nomor 0063/DPA-PA/X/2018 tanggal 2 Oktober 2018 perihal pergantian jabatan Ketua DPRA dari Fraksi PA. Di mana PA mengusulkan Tgk Sulaiman SE MSM sebagai Ketua DPRA menggantikan Tgk Muharuddin.

Terakhir, pertimbangan diterbitkan SK itu berdasarkan keputusan DPRA Nomor 30/DPRA/2018 tanggal 6 November 2018 tentang pemberhentian dan pergantian Ketua DPRA dari Partai Aceh.

Seperti diketahui, Tgk Muharuddin yang sudah menjabat sebagai ketua DPRA sejak 2014 lalu diusul ganti oleh PA. PA kemudian mengusulkan Sulaiman sebagai pengganti Muharuddin. Usulan pergantian itu kemudian ditetapkan dalam rapat paripurna khusus usulan permberhentian dan pergantian Ketua DPRA di ruang sidang utama DPRA, Selasa (6/11) siang.

Ketua DPRA, Tgk Sulaiman SE MSM yang dikonfirmasi Serambi, kemarin, mengakui dirinya sudah menerima SK Kemendagri tersebut. “Iya, benar sudah kita terima, SK juga dikirim kepada sejumlah pihak lain, bukan saya saja,” kata Sulaiman.

Soal kapan dilaksanakan pelantikan, Sulaiman mengaku belum tahu. Menurutnya, hal itu akan diputuskan dalam rapat Badan musyawarah (Banmus) DPRA dalam waktu dekat. Beredar isu pelantikan dilaksanakan Jumat (30/11) besok. Namun, Sulaiman mengaku belum mengetahui hal tersebut. “Saya belum tahu, karena belum ada informasi. Nanti, jika sudah ada jadwal akan kita kabari segera,” pungkasnya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved