Imigrasi Banda Aceh Bantu Paspor Pesakit

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh meluncurkan program layanan untuk mempermudah pengurusan paspor

Imigrasi Banda Aceh Bantu Paspor Pesakit
SERAMBINEWS.COM/DEDI ISKANDAR
Petugas Imigrasi melakukan pembuatan paspor 

BANDA ACEH - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh meluncurkan program layanan untuk mempermudah pengurusan paspor bagi masyarakat yang sedang mengalami sakit berat. Dengan program bernama Immigration Emergency Service (IES) itu, pesakit berat tidak perlu ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor, melainkan petugas sendiri yang akan datang ke rumah pemohon.

Informasi itu disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Zulkifli, kemarin. “Melalui program ini, orang yang sedang sakit berat dan butuh paspor untuk berobat ke luar negeri, tidak perlu lagi repot datang ke Kantor Imigrasi. Petugas kami langsung yang akan mendatangi pemohon,” kata Zulkifli.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Banda Aceh, Fauzi. Menurutnya, program itu merupakan pengembangan dari pelayanan selama ini sebagai bentuk kepedulian Imigrasi terhadap kebutuhan pemohon paspor. “Kami coba hadirkan inovasi-inovasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus paspor,” jelasnya.

Dia mengatakan, program tersebut merupakan wujud dari nilai simpatik yang selama ini dijalankan Direktorat Jenderal Imigrasi. Melalui program itu, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Imigrasi memiliki rasa simpati yang besar kepada masyarakat. “Saat ini paspor sudah menjadi kebutuhan setiap warga mulai dari berobat hingga melancong ke luar negeri,” tutur Fauzi.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi Banda Aceh, Fauzi menambahkan, syarat pembuatan paspor untuk program IES tersebut nyaris sama dengan persyaratan paspor pada umumnya. Di antaranya E-KTP asli, akta kelahiran/surat nikah/ijazah terakhir, kartu keluarga, materai, serta biaya pembuatan paspor. “Hanya saja pemohon perlu menyertakan surat keterangan sakit dari dokter,” pungkasnya.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved