Lintas Takengon Tertimbun Longsor

Ruas jalan nasional Bireuen-Takengon, tepatnya di kilometer 92, Kampung Kelupak Mata, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah

Lintas Takengon Tertimbun Longsor
Syifa Yulinnas
Pengendara motor melintas di jalan lintas Aceh Tengah Ð Gayo Lues yang longsor di Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, Aceh, Kamis (29/11/2018). Kondisi jalan yang amblas tersebut dapat mengancam keselamatan pengguna jalan karena kawasan tersebut sering diselimuti kabut saat malam hari. 

TAKENGON - Ruas jalan nasional Bireuen-Takengon, tepatnya di kilometer 92, Kampung Kelupak Mata, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Jumat (30/11) sekira pukul 03.00 WIB, kembali tertimbun tanah longsor. Akses sempat terputus total lantaran kondisi badan jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Alhasil, akses keluar maupun menuju Kota Takengon, para pengendara harus melintasi jalur alternatif via Kecamatan Kute Panang, menuju arah Sukaramai, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. “Dua hari lalu, ruas jalan di kilometer 92, tertutup total dan sudah dibersihkan. Tapi, tadi malam sekitar pukul 03.00 WIB, kembali tertimbun longsor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elasri kepada Serambi, Jumat (30/11).

Disebutkan Thamrin Elasri, kondisi tebing di sisi jalan kawasan kilometer 92, sangat labil sehingga setiap hujan mengguyur kerap terjadi longsoran hingga menutupi badan jalan. Bahkan selama tiga hari terakhir, di lokasi yang sama sudah tiga kali terjadi longsoran. “Di sana sudah disiapkan alat serta petugas. Apabila terjadi longsor bisa cepat ditangani karena ruas jalan itu merupakan akses utama,” tuturnya.

Menurut Kalaks BPBD Aceh Tengah ini, untuk membersihkan timbunan tanah longsor di ruas jalan Bireuen-Takengon, dilibatkan sejumlah pihak, di antaranya petugas dari BPBD Aceh Tengah, Bener Meriah, serta pihak PPK yang menangani ruas jalan tersebut. “Kalau dari BPBD Aceh Tengah hanya melakukan penanganan secara darurat. Selanjutnya akan ditangani oleh pihak PPK,” jelasnya.

Musibah tanah longsor bukan hanya terjadi di ruas jalan nasional Bireuen-Takengon, tetapi ada beberapa titik lain longsoran di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah. Sepanjang Jumat (30/11) dini hari, akses menuju kawasan wisata Pantan Terong juga tertimbun tanah longsor. “Termasuk juga badan jalan di kawasan Lukup Sabun, Kecamatan Kute Panang, amblas setelah digerus air,” ungkapnya

Titik lain, tambah Thamrin Elasri, ruas jalan amblas juga terdapat di kawasan Kecamatan Ketol, serta satu jembatan menuju Kampung Rutih, Kecamatan Silih Nara, yang nyaris ambruk setelah digerus air, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. “Sebagian titik longsor sudah tertangani. Tapi ada juga yang belum, karena terbatasnya alat berat yang dimiliki,” pungkas Thamrin Elasri.(my)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved